Komitmen Tekan Karhutla, Ini Program Yang Akan Dilaksanakan Sutarmidji Terkait Karhutla

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018 Nomor Urut Tiga, Sutarmidji dan Ria Norsan, Dalam Lawatan Safari Kampanyenya di Kabupaten Melawi (Foto: RMN)
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018 Nomor Urut Tiga, Sutarmidji dan Ria Norsan, Dalam Lawatan Safari Kampanyenya di Kabupaten Melawi (Foto: RMN)

KalbarOnline, Melawi, Pontianak – Permasalahan terkait Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) di Kalimantan Barat terus menjadi persoalan yang tak kunjung terselesaikan. Bahkan telah menjadi isu internasional.

Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji yang akrab disapa Bang Midji, dalam lawatan safari kampanye dialogisnya di Kabupaten Melawi, tepatnya di Desa Menukung menyampaikan bahwa permasalahan Karhutla juga merupakan atensi pasangan Midji-Norsan.

Sejak awal Februari 2018 karhutla telah melanda Kalbar, hingga saat ini diketahui sudah lebih dari 20 hektar lahan gambut terbakar.

Adapun pemicu terjadinya karhutla selain lahan gambut yang mudah terbakar, masih ada oknum-oknum yang melakukan pembakaran lahan untuk membuka lahan pertanian dan perkebunan.

Bang Midji yang pernah meraih penghargaan sebagai Wali Kota Terbaik se-Indonesia ini membeberkan bahwa karhutla dapat diminimalisir dengan memfasilitasi masyarakat untuk menggunakan alat berat modern.

Sehingga, lanjutnya, masyarakat tidak perlu melakukan pembakaran lahan untuk membuka lahan perkebunan dan pertanian.

“Selama inikan, kebakaran lahan sangat mengganggu. Untuk itu kedepan, jika terpilih menjadi Gubernur Kalbar, saya akan fasilitasi warga untuk mendatangkan alat berat modern untuk membuka lahan. Sehingga pembakaran lahan untuk buka lahan perkebunan dan pertanian tidak perlu dilakukan lagi,” tegasnya.

Seperti diketahui, potensi karhutla akan meningkat pada puncaknya di musim kemarau.

Pulau Kalimantan dan Sumatera merupakan dua daerah yang memiliki potensi karhutla terbesar.

Setelah mendengar program yang ditawarkan Sutarmidji terkait penanganan karhutla, Iwan (53), warga desa Menukung yang hadir dalam acara silaturahmi tersebut menegaskan apa yang disampailan oleh Sutarmidji merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat Kalbar.

Menurut Iwan, Sutarmidji adalah sosok pemimpin yang cerdas. Sehingga selalu menggunakan cara-cara inovatif ketika mengatasi masalah dan mengatisipasi permasalahan yang sering dihadapi masyarakat Kalbar.

Iwan juga menegaskan bahwa Sutarmidji merupakan harapan baru masyarakat Kalbar yang sudah lama merindukan perubahan.

Karenanya, Iwan berharap agar Sutarmidji selalu diberi kesehatan dan rasa kepedulian yang tinggi segingga dapat memimpin Kalbar dengan baik dan masyarakat Kalbar semakin sejahtera.

“Kita berharap perubahan dengan Pak Midji kalau nanti terpilih sebagai Gubernur Kalbar. Semoga Pak Midji diberikan kesehatan selalu agar nanti kuat memimpin masyarakat Kalbar dan kami sebagai masyarakat yang dipimpin bisa sejahtera,” tandas Iwan. (Elf/cim/Fai)

Tinggalkan Komentar