Buka Lomba Desa Tingkat Kabupaten di Sebetung, Wabup Aloy: Juara Bukan Satu-satunya Tujuan

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Saat Memberikan Arahannya Pada Pembukaan Kegiatan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Sekadau di Desa Sebetung (Foto: Mus/Hms)
Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Saat Memberikan Arahannya Pada Pembukaan Kegiatan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Sekadau di Desa Sebetung (Foto: Mus/Hms)

KalbarOnline, Sekadau – Penilaian lomba tingkat kabupaten dilakukan di Desa Sebetung, Kecamatan Belitang Hulu, Rabu (7/3). Lomba desa merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius mengatakan bahwa pelaksanaan evakuasi perkembangan desa dan kelurahan didasari atas data dengan menggunakan instrumen pemantauan serta instrumen pengungkap dana dan nilai perkembangan desa dan kelurahan.

Perlombaan tersebut, kata dia, berdasarkan pada hasil penilaian serta tambahan syarat memiliki profil desa dua tahun terakhir.

“Memiliki peraturan desa tentang rencana pembangunan jangka menengah desa dan rencana kerja pemerintah desa,” ujarnya.

Wabup mengatakan, penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau menggunakan instrumen pemantauan yang terdiri dari data dasar, pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Ia mengatakan, dalam setiap perlombaan tentu berharap dapat meraih prestasi.

“Perlu disadari bahwa juara bukanlah satu-satunya tujuan dari perlombaan. Terpenting adalah bagaimana keberlanjutan program ini dapat dijadikan sebagai program bagi pemerintah desa dan masyarakat sehari-hari agar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucapnya.

Camat Belitang Hulu, Yohanes Dempek mengapresiasi Pemkab Sekadau memberi kesempatan Kecamatan Belitang Hulu, khususnya Desa Sebetung ikut lomba desa tingkat Kabupaten.

“Saya berharap agar Desa Sebetung menjadi juara dan mewakili Kabupaten Sekadau pada lomba desa tingkat provinsi,” katanya singkat.

Sementara itu, Kepala Desa Sebetung, Ahmad Eka Setiawan mengaku bersyukur karena desa yang dipimpinnya menjadi salah satu dari tujuh desa di Sekadau ikut dalam oenilaiant lomba tersebut. Ia berterimakasih kepada Kecamatan yang telah menunjuk desa Sebetung mengikuti lomba desa.

“Dengan ini kami juga mengetahui potensi serta kekurangan yang ada di desa kami,” tuturnya.

Ia menjelaskan, tantangan terbesar di Desa Sebetung yaitu SDM dinilai masih kurang.

“Kami dari desa selalu memberikan sosialisasi dan bimtek kepada masyarakat. Ini demi kemajuan di Desa Sebetung,” pungkasnya. (Mus/Hms Pemkab Sekadau)

Tinggalkan Komentar