Apa Saja yang Bisa Dilakukan Anak Usia 3 Tahun?

Ketika si Kecil mencapai usia 3 tahun, ia mulai bisa banyak bicara, mengeluarkan emosinya, dan bergerak semaunya tanpa ada rasa khawatir. Orang tua juga sudah bisa menebak dan membaca suasana hati si Kecil. Selain itu, imajinasi, fantasi, dan tindak tanduknya mulai membuatnya merasa memiliki peran penting di kehidupan ini. Yuk, ketahui apa saja yang dilakukan anak pada usia 3 tahun!

Baca juga: Temukan Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Perkembangan Anak!
  • Sudah Mahir Menceritakan tentang Dirinya dan Harinya

Pada usia ini, si Kecil sudah mengetahui dengan benar peran manusia, benda, hewan, dan kejadian yang ada di sekitarnya, serta dapat mengubah keadaan sesuai keinginannya. Ia membuat ceritanya sendiri terhadap kejadian yang dialaminya serta menentukan kata-kata untuk membuat sesuatu itu jadi nyata.

Misalnya saja teman khayalan. Si Kecil membuat sosok teman kahayalan yang ia gunakan untuk melakukan keinginannya. Jika anak Mums memiliki teman khayalan, jangan langsung dimarahi karena dengan sendirinya anak akan melupakan hal ini. Anak 3 tahun belum memahami konsep berbohong, tetapi ia bisa kreatif merekonstruksi realita, seolah-olah itulah yang sebenarnya terjadi.

  • Suka Rutinitas

Anak usia 3 tahun biasanya tergantung pada situasi yang bisa diprediksi, misalnya kebiasaan yang diterapkan dirumah. Kebiasaan di rumah adalah bagian dari upaya si Kecil untuk mengerti dan mengontrol dunianya. Dengan menjaga kebiasaan dan aturan dari setiap kejadian, membantu si Kecil memahami dan mengetahui apa yang harus ia lakukan serta apa yang terjadi selanjutnya.

Baca Juga :  Sulit Mengenali Wajah Orang, Bisa Jadi Idap Prosopagnosia

Misalnya dengan menerapkan makan di meja makan, gosok gigi sebelum tidur, dan melepas sepatu saat masuk ke rumah. Ia mengetahui peran apa yang harus ia laksanakan sebagai individu.

Baca juga: Amati Selalu Perkembangan dan Psikologis Anak
  • Memberikan Pendapat

Lain saat usianya masih 2 tahun yang terkadang sulit untuk mengungkapkan apa yang ia rasakan, anak usia 3 tahun sudah bisa dan mulai mengerti apa yang ia katakan berdasarkan apa yang ia rasakan. Ia bisa dengan mudah mengatakan tentang apa yang terlintas dipikirannya, seperti, “Aku mau kue yang Mama buat dicetak bentuk bintang.”

Selain itu ada tipe anak yang sering kali mengatakan tidak, mudah marah, keras kepala, dan mempunyai sikap yang cepat sekali berubah. Pernahkah Mums atau Dads mendengar istilah threenager?

Threenager adalah istilah untuk menggambarkan perubahan sifat anak usia 3 tahun yang bertingkah seperti remaja usia 13 tahun. Sikap ini memang tidak dialami oleh semua anak usia 3 tahun, tetapi beberapa orang tua pernah menghadapi kondisi ini.

Baca Juga :  Mums, Waspada! Stroke Juga Bisa Terjadi pada Bayi dan Anak

Selain sering berkata tidak, anak juga sering berlari jika orang tua menyuruhnya melakukan aktivitas yang tidak ia sukai atau menurutnya tidak penting. Ia juga menjadi tidak sabaran, pintar bernegoisasi, dan tahu cara mengelak.

Menurut psikolog dari Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta, Nessi Purnomo, pada prinsipnya anak usia 3 tahun ingin menunjukkan bahwa ia bisa melakukan banyak hal sendiri. Setelah 2 tahun merasa bergantung pada orang tua dalam melakukan apa-apa, kini saatnya ia ‘meneriakkan’ kalau ia bukan anak kecil lagi dan bisa menentukan keinginannya sendiri. Ia pun merasa bahwa pendapatnya penting didengarkan oleh orang tua.

Masalahnya, orang tua menginginkan anak mengikuti pendapat yang orang tua anjurkan, dan terkadang, keinginan anak tidak sama dengan apa yang diinginkan orang tua. Alhasil, orang tua dan anak sering kali bertolak belakang dan menjadi ribut.

Lebih baik, cobalah terapkan kebiasaan dan aturan yang sama-sama disepakati oleh Mums dan si Kecil. Dengan begitu, ketika hendak melanggarnya, ia sudah mengetahui konsekuensi apa yang akan didapatkan. (AD/AS)

Baca juga: Di Usia 1 hingga 3 Tahun, Sebaiknya Anak Sudah Mulai Melakukan Hal-hal Ini

Comment