Karnaval Budaya Sambut Imlek dan Tahun Baru

Lima Ekor Naga Sambangi Kantor Bupati

KalbarOnline, Ketapang – Yayasan Tri Dharma Ketapang menggelar pawai karnaval berupa replika naga liong, dan burung hong menyambut Cap Go Meh 2018/2569, sebanyak 5 (lima) ekor replika naga (liong) sepanjang 50 meter, dan burung hong yang dimainkan ratusan penari terlatih, seperti naga sungguhan meliuk liuk menyambangi Kantor Bupati Ketapang.

Kujungan Panitia Cap Go Meh dengan pawai naga tersebut disambut oleh Asisten II Setda Farhan.SE., M.Si mewakili Bupati Ketapang, Martin Rantan, SH, beserta jajaran SKPD dihalaman Kantor Bupati Ketapang, Rabu (28/2).

Kegiatan tersebut mengundang ratusan warga yang ingin manyaksikan replika naga dan burung hong yang menggelar atraksinya di halaman Kantor Bupati Ketapang, setelah memberikan pernghormatan Asisten II Setda Farhan menyelipkan ampaw di kepala naga, yang selanjutnya secara bergantian dilakukan para SKPD lainnya.

Ketua Panitia Rahman Efendi melaporkan bahwa pawai karnaval budaya dalam rangka menyambut Cap Go Meh tahun 2018, dia mengatakan Imlek dan cap go meh merupakan even tahunan dari yayasan Tri Dharma yang bekerja sama dengan Vihara Seila Matherea, BPK Tri dharma.

Baca Juga :  Bupati Himbau ASN Hati-Hati Gunakan Media Sosial

“Tujuan karnaval budaya ini untuk melestarikan budaya membantu Pemkab Ketapang dalam menggalakkan kegiatan pariwisata di Kabupaten Ketapang,” ungkap Rahman.

Dia menjelaskan bahwa peserta karnaval budaya tahun ini ada 5 ekor naga 1 burung hong, beserta para tatung dan kendaraan hias, sedangkan puncaknya perayaan Cap Go Meh, akan berlangsung  pada tanggal 2 Maret 2018 di Kelenteng Tua pek Kong.

Rahman atas nama seluruh panitia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Ketapang dan jajarannya. Polres Ketapang, Organisasi kemasyarakatan dan lainnya yang telah membantu suksesnya kegiatan karnaval budaya tersebut.

“Kami mohon maaf kepada masyarakat apa bila dalam kegiatan ini menimbulkan kemacetan dan ketidak nyamanan dalam berlalu lintas,” ucapnya.

Baca Juga :  Dalam, Ini Makna Filosofis dari Logo Hari Jadi Ketapang ke-605

Asisten II Setda Ketapang, Farhan SE., M.Si yang menyampaikan sambutan Bupati Ketapang mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang mengucapkan selamat tahun baru imlek kepada warga Tionghoa yang merayakan.

“Semoga di tahun baru ini dapat membawa kebahagian kesejahteraan dan keberuntungan bagi kita semua,” ucap Dia.

Selanjutnya dengan momentum tahun baru imlek masyarakat Tionghoa, diharapkan Farhan untuk dapat melakukan intropeksi diri agar lebih baik lagi ada masa yang akan datang.

Dia mengajak seluruh masyarakat dengan semangat kebersamaan dan toleransi kita mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara dalam kesatuan negara Republik Indonesia.

“Saya mengajak masyarakat Kabupaten Ketapang untuk menjaga dan memelihara persatuan dan kesamaan yang telah kita bina selama ini sehingga Kabupaten Ketapang tetap dalam suasana yang kondusif karena ini modal dasar kita untuk mengisi pembangunan di segala bidang,” ucapnya. (Adi LC/Hms)

Comment