Hadiri Upacara Peringatan HUT Bapak Pandu Sedunia, Ini Kata Bupati Jarot

Bupati Sintang, Jarot Winarno, Yang Diwakili Asisten II Setda Sintang, Henri Harahap, Saat Menghadiri Peringatan HUT Bapak Pandu Sedunia (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Yang Diwakili Asisten II Setda Sintang, Henri Harahap, Saat Menghadiri Peringatan HUT Bapak Pandu Sedunia (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang diwakili Asisten II Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang bidang perekonomian dan pembangunan, Henri Harahap, S.Sos., M.Si menghadiri peringatan hari ulang tahun Bapak Pandu Dunia ‘Lord Robert Baden Powel’ yang ke – 161 bertempat dilapangan Makodim Sintang.

Turut hadir unsur forkopimda Pemerintah Kabupaten Sintang, Camat Sintang selaku KA. Mabiran, beserta jajaran pengurus gerakan pramuka kwartir ranting Sintang, Kamis pagi (22/2).

Dalam sambutannya, Bupati Jarot yang dibacakan Henri Harahap mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang sangat menyambut baik dan mengucapkan selamat atas dilaksanakannya peringatan hari ulang tahun Bapak Pandu Dunia ‘Lord Robert Baden Powel’ yang ke – 161 pada tahun 2018 ini.

Gerakan Kepramukaan dirintis oleh  ‘Lord Robert Baden Powel’ yang merupakan seorang tentara Inggris yang berpangkat letnan jendral pada tahun 1907. Gerakan pramuka yang cikal bakalnya telah dikenal di Indonesia sejak tahun 1912 perlu ditingkatkan peranannya dalam membina kaum muda bangsa Indonesia.

Gerakan pramuka ini merupakan bentuk character building dan leadership training guna mendidik kaum muda agar berwatak, berkepribadian dan berakhlak mulia serta memiliki jiwa bela negara berperan sebagai kader pembangunan dan perekat bangsa.

Revitalisasi pendidikan kepramukaan saat ini adalah komplemen dan suplemen terhadap pendidikan formal dan informal untuk kaum muda,yang di harapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam mengatasi berbagai masalah dan isu-isu nasional yang saat ini sedang melanda bangsa kita, seperti isu agama,intoleransi,dan isu isu sara dan sejenisnya. Yang dapat memecah belah persatuan dan kedamaian bangsa.

“Pada kesempatan ini saya ingin mengajak kepada seluruh anggota dan pengurus gerakan pramuka di seluruh tingkatan untuk terus memperkuat semanggat cinta tanah air, satu Indonesia menghargai keberagaman dalam bingkai NKRI sehingga kita menjadi bangsa yang damai dan penuh kekeluargaan. Dan selalu berupaya dan berdoa demi memajukan lembaga pendidikan gerakan pramuka, serta merapatkan barisan dan kompak dalam menatap masa depan,” ajaknya. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar