Hadiri HUT ke – 10 Partai Gerindra, Bupati Jarot Harapkan Hal Ini

Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya, Pada Perayaan HUT ke - 10 Partai Gerindra Tingkat Kabupaten Sintang (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya, Pada Perayaan HUT ke - 10 Partai Gerindra Tingkat Kabupaten Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno, menghadiri secara langsung perayaan HUT ke – 10 Partai Gerindra tingkat Kabupaten Sintang, yang berlangsung di Gedung Pancasila Sintang, Kamis (22/2).

Bupati Jarot dalam sambutannya  mengatakan bahwa partai politik merupakan salah satu modal dasar dalam pembangunan politik bangsa.

“Sebagai lembaga politik, partai politik merupakan salah satu indikator dari indeks demokrasi kita, yang diharapkan menjadi kekuatan dan solusi nyata dan mengartikulasikan kepentingan politik masyarakat sehingga tercipta kehidupan demokratis yang sehat dan baik,” ujarnya.

Menurut Bupati, bagi pemerintah daerah di Indonesia yang tidak memberikan kesempatan seluas-luasnya dan memberikan suport kepada partai-partai politik yang sebenarnya  merupakan pilar demokrasi terpenting, akan menurunkan indeks demokrasi.

“Kebebasan sipil, kebebasan berkeyakinan justru mengalami kenaikan berdasarkan hasil yudisial review Mahkamah Konstitusi (MK), namun indeks kebebasan berserikat berkurang,” tukasnya.

Bupati juga menjelaskan, Bangsa Indonesia saat ini belum terbebas dari persekusi seperti yang diberitakan media yang terjadi di beberapa daerah pembubaran pada saat beribadah serta persekusi para tokoh agama.

“Seperti kejadian di Gereja Yunani Sleman Yogjakarta serta satu Pondok Pesantren di Jawa Barat, ini  akan menurunkan indeks demokrasi kita,” ucapnya.

Dengan kondisi yang terjadi ini Bupati berharap, agar masyarakat Kabupaten Sintang, bersama berbagi, koreksi diri masing-masing, guna memberikan kontribusi untuk menumbuhkan demokrasi di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Sintang, Drs. Hj Sriwani dalam sambutannya menyatakan, melalui peringatan HUT ke – 10 Partai Gerindra yang dilahirkan pada 6 Februari 2008, diharapkan dengan kehadiran Gerindra dapat memberikan sumbangsih nyata bagi rakyat Indonesia umumnya dan masyarakat Kabupaten Sintang khususnya.

“Melalui pejuang-pejuang politik partai Gerindra di Kabupaten Sintang yang duduk di Legislatif,” tandasnya. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar