Kabut Asap Melanda, Relawan MIDJINORSAN Bagi-bagi Masker

3.000 Masker ludes dalam sekejap

KalbarOnline, Pontianak – Belasan pemuda yang tergabung dalam Relawan MIDJINORSAN Kota Pontianak dan Kubu Raya membagikan masker gratis kepada pengendara di bundaran tugu Digulis, komplek Universitas Tanjungpura, yang berlangsung mulai Senin (19/2) sore dan dilanjutkan di Simpang empat Polda, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (20/2) sore.

Lebih dari 3.000 masker dibagikan kepada setiap pengendara yang berhenti saat lampu merah menyala.

Para relawan yang menggunakan atribut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, Sutarmidji dan Ria Norsan, disambut antusias oleh pengendara. Ribuan masker yang dibagikan pun ludes dalam sekejap.

Aksi yang dimulai sejak pukul 16.00 itu hanya berlangsung sekitar 30 menit.

Koordinator aksi yang merupakan relawan MIDJINORSAN asal Kayong Utara, Kusmayadi menjelaskan bahwa aksi bhakti sosial yang digelar oleh relawan MIDJINORSAN bertujuan untuk menghindarkan warga Pontianak dan Kubu Raya dari dampak kabut asap yang diakibatkan pembakaran lahan.

“Sudah jelas, dampak dari kebakaran lahan dapat mengganggu lalu lintas penerbangan, mengingat lokasi kebakaran dekat dengan bandara. Selain itu, asap dari kebakaran lahan juga akan berdampak pada kesehatan masyarakat. Jadi semua akan dirugikan,” ujarnya.

“Selain itu, kita bukan kampanye, tetapi mensosialisasikan pasangan MIDJINORSAN, makanya kita menggunakan atribut, tapi tidak secara eksplisit mengenalkan bahwa kami dari MIDJINORSAN,” timpalnya.

Kusmayadi juga mengungkapkan bahwa aksi tersebut turut melibatkan para relawan MIDJINORSAN se – Kalbar.

“Baksos ini kita melibatkan semua relawan dari 14 Kabupaten/kota se-Kalbar dalam bentuk urunan pengadaan masker sebagai barang yang akan diserahkan, walaupun ada yang berhalangan hadir, tetapi mereka tetap berkontribusi dalam urunan pengadaan masker. Artinya, para relawan tetap mendukung kegiatan yang dilaksanakan relawan MIDJINORSAN Kota Pontianak dan Kubu Raya. Nah, saya sendiri dari Kayong Utara, aktivitas sehari-hari di Kapuas Hulu,” paparnya.

Dirinya juga berharap pasangan MIDJINORSAN dapat menularkan keberhasilan yang telah keduanya perbuat diwilayah kepemimpinan masing-masing selama menjabat sebagai Wali Kota Pontianak dua periode dan Bupati Mempawah dua periode.

“Kita berharap pesatnya kemajuan dan keindahan Kota Pontianak serta berkembangnya Kabupaten Mempawah, dapat ditularkan ke Kabupaten/kota lainnya se-Kalbar. Jadi keberhasilan beliau berdua memimpin, dapat luas efeknya,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan KalbarOnline.com, kondisi kabut asap yang menyelimuti Kota Pontianak dan Kubu Raya belum mereda, meskipun telah turun hujan beberapa waktu lalu.

Kota Pontianak diguyur abu tipis akibat kebakaran lahan gambut yang terjadi beberapa waktu lalu. Selain itu kabut asap dampak dari kebakaran yang terjadi, diduga dibakar oleh pemilik lahan. (Fai)

Tinggalkan Komentar