Diskominfo Kubu Raya Gelar Kegiatan Rapat Info Publik

Diskominfo Kubu Raya Gelar Kegiatan Rapat Info Publik (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kubu Raya menggelar kegiatan Rapat Info Publik dalam rangka peningkatan wawasan dalam memahami info yang dalam dewasa ini.

Untuk itu para peserta perlu dibekali tentang wawasan jurnalistik, adapun para para peserta terdiri beberapa unsur SKPD, Kecamatan, serta unsur Desa dan Karang Taruna, di ruangan Media Center, Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (20/2) yang dilaksanakan selama dua hari.

Kepala Diskominfo Kubu Raya, TH.C Leydianto mengatakan Media Center merupakan wadah informasi yang dibutuhkan masyarakat, namun dalam pelaksanaan penyampaian informasi untuk dikonsumsi oleh publik tentunya tenaga teknis lapangan hendaknya mengutamakan ketepatan serta validnya suatu produk jurnalistik untuk ditayangkan.

“Untuk menjadi seorang jurnalis harus bertanggung jawab dan tidak bersifat provokasi. Apa yang ingin disampaikan kepada publik, harus jelas tidak mengada-ngada artinya suatu peristiwa yang dibuat adalah real serta bertanggung jawab artinya dalam penyampaian informasi ada unsur informasi, dedukasi, serta penyejuk suatu keadaan,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat, Anthony Sebastian Runtu mengapresiasi tentang kegiatan tersebut. Dikatakannya dalam mekanisme kerja Media Center dilakukan perancanaan mengingat begitu dinamisnya perkembangan situasi dan permasalahan, saat ini.

“Bentuk perencanaan dilakukan seperti berbentuk forum harian, forum mingguan, dan forum bulanan,” ujarnya.

Selain itu kata Anthony, Media Center dalam pelaksanaannya melakukan pengumpulan, pengelolaan, dan pengemasan informasi publik sektoral dan lintas sektoral. Proses produksi konten tersebut dilakukan dengan cara pemutakhiran data dan informasi, bekerjasama dengan berbagai pihak secara institusional.

“Bermitra dengan sumber-sumber informasi yang terkait serta pengklasifikasikan dan penyimpanan secara sistematis,” terangnya.

Kegiatan Rapat Info Publik Diskominfo Kubu Raya juga dihadiri dua orang narasumber dari media lokal yakni Tribun dan Berkat yang diwakili oleh saudara Robi dan Rosid yang memberikan dedukasi kepada para peserta, untuk menjadi seorang Jurnalistik yang baik dan benar. (ian)

Tinggalkan Komentar