Bupati Sekadau Tutup PKD dan DTD GP Ansor

Rupinus : GP Ansor Harus Jadi Garda Terdepan Jaga NKRI

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekasau, Rupinus menutup acara Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dan Diklat Terpadu Dasar Barisan Ansor Kabupaten Sekadau, yang dipusatkan di halaman SMA Negeri 2 Lembah Beringin, Kecamatan Nanga Mahap, Minggu (18/2) pekan kemarin.

Bupati Rupinus mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus GP Ansor Kabupaten Sekadau. Pada kesempatan itu juga Bupati berharap kepada GP Ansor menjadi garda terdepan dalam menjaga khebinekaan NKRI, Pancasila dan UUD 1945.

Bupati menyebutkan barisan GP Ansor Kabupaten Sekadau sudah menunjukan kiprahnya dalam membangun hubungan persaudaraan dan kebersamaan di Kabupaten Sekadau. Salah satu kiprahnya menurut Bupati adalah menjaga rumah ibadah gereja saat umat kristiani merayakan hari besar keagamaan.

“Ini saya ulangi kembali, GP Ansor Kabupaten Sekadau sudah melaksanakan toleransi yang sangat baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara secara khusus di Kabupaten Sekadau, terutama saat umat Kristiani merayakan hari Natal dan hari besar keagamaan lainnya GP Ansor selalu hadir dan tanpa diminta mereka selalu hadir membantu menjaga keamanan di gereja. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada GP Ansor,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Rupinus : Harus Amanah, Taat Pancasila dan UUD 1945 Serta Patuh Hukum

GP Ansor yang adalah organisasi sayap NU, lanjut Bupati juga telah berkontribusi banyak untuk bangsa dan negara.

“Bilamana negara ini menghadapi masalah GP Ansor NU ini selalu hadir untuk menjadi penetrasi,” ungkap Bupati.

“Untuk itu saya berharap ada organisasi pemuda yang lain di Kabupaten sekadau juga bisa tampil seperti Pemuda GP Ansor,” timpalnya.

Bupati berharap dengan dilakukannya diklat ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sehingga kedepan dalam sebuah perjalanan Ansor akan semakin maju dan berkembang untuk membangun kepentingan agama, bangsa, dan negara.

Sementara, Ketua PCNU Kabupaten Sekadau, Nur Soleh Kegiatan yang diinisiasi oleh Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sekadau ini bertujuan membentuk generasi muda yang tangguh berlandaskan iman dan taqwa untuk mendukung dan membangun Kabupaten Sekadau.

“ini adalah anak bangsa yang harus dibina, khusus di Kabupaten sekadau,” ujarnya.

Menurut Nur Soleh PKD sendiri merupakan kaderisasi tingkat awal di GP Ansor.

Baca Juga :  Wabub dan Sekda Sekadau Hadiri Pembukaan Pameran Pesparawi Kalbar IX di Pendopo Bupati Ketapang

Para peserta mendapatkan banyak ilmu di antaranya materi ke-Ansor-an, Ke-NU-an, ideologi Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) dan tema ideologisasi lainnya. Ia berharap, pasca kegiatan PKD para pemuda ini makin tumbuh rasa cinta kepada tanah air dan bangsa serta menjaga NKRI.

“Juga yang tidak kalah penting mereka diharapkan menjadi pelopor dalam mensyi’arkan Islam rahmatan lil ‘alamin, ramah, toleran, dan damai. Itu semua adalah konsepsi Islam Nusantara yang menjaga dan melesatrikan budaya di negeri Indonesia tercinta,” ungkapnya.

Terakhir dalam acara penutupan PKD itu, Bupati Rupinus didaulat untuk memandikan air bunga kepada ratusan kader GP Ansor yang terdiri dari pelajar dan orang dewasa. Bupati juga didaulat untuk membuka atribut berupa dedaunan yang dikenakan kepada peserta tanda berakhirnya kegiatan PKD Gp Ansor.

Turut hadir mendampingi Bupati, Sekda, Asisten 3, Staf ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Kadis Sosial, Kadis Pemuda dan Olahraga, Kadis Perkimtan, Sekretaris Dinas Sosial, Camat Mahap, Ketua MUI dan Pengurus NU dan GP Ansor. (Mus/Hms)

Comment