Deklarasi Kampanye Damai, Umi: Kalbar Siap Melaksanakan Kampanye Yang Damai dan Demokratis

Tiga Pasangan Calon di Pilgub Kalbar Menghadiri Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2018 (Foto: Ist)
Tiga Pasangan Calon di Pilgub Kalbar Menghadiri Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2018 (Foto: Ist)

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka mewujudkan kampanye yang aman, damai dan kondusif serta bermartabat di Kalimantan Barat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalbar menggelar deklarasi damai kebhinekaan.

Deklarasi diadakan di Jalan Jenderal Ahmad Yani, tepat di depan Ayani Mega Mall, bersamaan dengan kegiatan Car Free Day, Minggu (18/2) pagi.

Ketua KPU Provinsi Kalbar, Umi Rifdiyawaty mengatakan deklarasi tersebut dalam rangka membangun komitmen bersama antar pasangan calon (paslon).

“Simpatik dan edukatif dalam proses pelaksanaan pemilihan ini,” ungkap Umi kepada awak media.

Dalam deklarasi, ada empat pernyataan. Pertama, siap menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pelaksanaan deklarasi ini, dijelaskannya deklarasi digelar sesuai dengan instruksi KPU RI dimana setiap daerah yang akan menggelar Pilkada serentak 2018, dan KPU setempat diwajibkan menggelar acara tersebut.

“Ini serentak untuk daerah-daerah yang menggelar pemilihan di tahun 2018,” ujarnya.

Menurutnya Kalbar siap melaksanakan kampanye pemilihan tahun 2018 yang damai, demokratis dan mengedukasi dalam rangka mewujudkan kedaulatan pemilih.

“Siap melaksanakan kampanye pemilihan tahun 2018 tanpa hoax, politisasi SARA, dan politik uang. Dan yang terakhir, tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku,” paparnya.

Deklarasi telah ditandatangani oleh tiga paslon dalam Pilgub Kalbar 2018, yaitu Milton – Boyman, Karol – Gidot, dan Midji – Norsan serta masing-masing tim kampanye. Penandatanganan juga disaksikan langsung oleh Pj Gubernur Kalbar, Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Kapolda, Kajati, Kepala Pengadilan Tinggi, Pangdam XII Tanjungpura, dan Bawaslu Kalbar.

Usai penandatanganan deklarasi, KPU akan menggelar konvoi Pilkada damai berkeliling sekitar wilayah Pontianak. Konvoi ini melibatkan berbagai pihak dan bekerjasama dengan Polda Kalbar.

“Pawai bersama juga telah dilaksanakan dan acara ini karena memang juga kami bekerjasama dengan Polda Kalbar. Polda Kalbar juga ada kegiatan yang sama, jadi kami bersinergi,” pungkasnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar