Deklarasi Kampanye Damai, Pj Gubernur Kalbar Apresiasi Komitmen Tiga Paslon Wujudkan Pilkada Santun dan Bermartabat

Tiga Paslon di Pilgub Kalbar, Bersama-sama Melepaskan Balon Deklarasi Kampanye Damai di Pilkada Serentak 2018 (Foto: Ist)
Tiga Paslon di Pilgub Kalbar, Bersama-sama Melepaskan Balon Deklarasi Kampanye Damai di Pilkada Serentak 2018 (Foto: Ist)

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat Gubernur Kalbar, Dodi Riyadmadji mengapresiasi tiga Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar yang telah mendeklarasikan kampanye aman dan damai pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018, yang belangsung di Halaman Ayani Mega Mall, Minggu (18/2).

“Deklarasi Kampanye Damai pada Pilgub 2018 perlu kita berikan apresiasi positif, karena kita semua tentunya mempunyai harapan yang sama dalam terciptanya Pemilukada di Kalimantan Barat yang diselenggarakan dengan aman, damai dan sukses,” ucapnya.

Kegiatan Kampanye Damai yang difasilitasi Polda Kalbar dan KPU ini merupakan deklarasi dari ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Midji – Nosan nomor urut 3, Karolin-Gidot nomor urut 2 dan Milton – Boyman nomor urut 1.

Deklarasi juga dihadiri Pangdam XII Tanjungpura, Kapolda Kalbar, para pimpinan Partai Politik pendukung sebagai tim sukses.

“Saya menghimbau semua Pimpinan Partai Politik peserta Pemilukada serentak Tahun 2018, serta seluruh masyarakat Kalbar. Mari kita laksanakan Kampanye Pemilukada ini dengan damai, dengan santun dan bermatabat. Kita tunjukan dan buktikan kedewasaan kita dalam berpolitik dan berdemokrasi,” imbaunya.

Ia juga mengajak masyarakat saat kampanye dengan tidak melakukan, pengrusakan atribut-atribut peserta calon, dan bersama-sama menciptakan suasana dan kondisi dasar yang kondusif, sehingga semua harapan untuk suksesnya penyelnggaraan Pemilukada terealisasi.

“Partai Politik merupakan penentu suksesnya penyelenggaraan pemilu tersebut, sedangkan Pemerintah beserta aparat keamanan (Polri dan TNI) hanyalah bertindak sebagai fasilitator, mengawal pelaksanaanya, agar sukses sesuai dengan azas dan prinsip demokrasi serta peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Semantara Kapolda Kalbar, Didi Haryono mengharapkan pasangan calon serta para pendukung dan simpatisan partai politik untuk senantiasa memberikan serta melaksanakan kampanya dengan santun dan menyejukan, hindari berbagai konflik, yang menjurus SARA serta berita HOAK di Medsos.

Sementara, Panglima Kodam XII Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, menyatakan kesiapannya memberikan bantuan pengamanan dalam pelaksanaan kegiatan Pilkada 2018.

“Berapa pun Polri meminta bantuan, akan kita siapkan, demi kelancaran Pesta Rakyat ini,” pungkasnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar