Sektor Kesehatan di Pontianak Semakin Membaik, Apa Alasannya?

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Saat Meninjau Ruangan Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Parit Mayor (Foto: Jim)
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Saat Meninjau Ruangan Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Parit Mayor (Foto: Jim)

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, mengungkapkan, target-target capaian bidang kesehatan, menurutnya sudah diatas rata-rata dari target yang ditentukan.

Dirinya mengapresiasi kinerja jajaran Dinas Kesehatan Kota Pontianak yang disebutnya semakin baik dalam melayani masyarakat.

Kalaupun ada keluhan-keluhan dalam pelayanan, menurutnya itu hal yang lumrah sebab yang dilayani adalah orang yang sedang menderita sakit sehingga tidak selamanya bisa memuaskan mereka.

Namun ia menyebut, masyarakat juga perlu mendapat edukasi bahwa apabila sudah dirawat di rumah sakit, maka serahkan sepenuhnya kepada dokter dan perawat.

“Jangan keluarga pasien merasa lebih pintar dari dokter. Itu yang kadang terjadi,” katanya.

Wali Kota dua periode ini menyebutkan, pembangunan sektor kesehatan di Kota Pontianak sudah semakin baik.

“Hal itu terlihat dari Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM), Pontianak berada di rangking 22. Sementara, daerah-daerah yang ada di wilayah Kalbar rata-rata berada di bawah peringkat 300. Kita satu-satunya di rangking 22. Artinya Indeks pembangunan kesehatan masyarakat kita semakin tahun semakin baik. Mudah-mudahan progresnya tidak menurun di tahun ini sebab tahun ini ada survey lagi untuk menentukan IPKM. Saya berharap ada progres kita, mungkin antara 15 hingga 20,” papar pria yang akrab disapa Bang Midji ini.

Bang Midji pun sebelumnya pernah menantang para pejabat terasnya untuk membuat sejumlah kebijakan dan program yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat, tak terkecuali untuk bidang kesehatan.

“SMSbunda, adanya ambulance informasi, itu kan salah satu inovasi Dinas Kesehatan yang saya anggap sangat baik sekali diterapkan. Selain membantu mempercepat proses pelayanan juga memudahkan kineja dinas itu sendiri. Silahkan dinas berimprovisasi untuk program inovatifnya, saya dukung penuh jika untuk kebaikan masyarakat,” tandasnya. (Fai/Gencil)

Tinggalkan Komentar