Peranan Pers Dalam Pemilu, Ketua IWAS Sebut Tanpa Pers Akan Sia-sia, Apa Alasannya?

Ketua IWAS, Stepanus R Joy (Foto: Mus)
Ketua IWAS, Stepanus R Joy (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Ketua Ikatan Wartawan Sekadau (IWAS), Stepanus R Joy, menuturkan bahwa beberapa periode terakhir ini pememberitan di Kabupaten Sekadau, baik media mainstream atau media online dan lain sebagainya menjadi elemen penting penyalur informasi.

Bahkan terlebih khusus, menjadi sangat penting pada tahapan penyelenggaraan Pemilu. Tak hanya itu, bahkan, pers tak jarang menjadi sumber inspirasi bagi pemegang kebijakan, dalam mengambil langkah strategis dan signifikan.

Kali ini, Joy lebih bicara banyak terkait peranan pers terkait pemilu.

“Tidak hanya sebagai penyalur informasi, pers juga terlibat dalam mengawal jalannya Pemilu yang demokratis. Peranan pers ini harus tetap terjaga dan ditingkatkan demi kepentingan nasional,” paparnya.

Salah satu prioritas penting Bawaslu, sesuai dengan UU No 15 Tahun 2011 tentang penyelenggara Pemilu yaitu, mengutamakan strategi pencegahan untuk meminimalisasir pelanggaran daripada melakukan penindakan pelanggaran itu sendiri. Pencegahan hanya dapat dilakukan dengan peran pers didalamnya.

Joy juga menambahkan, berbagai macam informasi yang disampaikan media massa, akan membuat khalayak semakin peduli pada pelaksanaan Pemilu. Dengan kepedulian tersebut, maka akan muncul partisipasi aktif masyarakat, terutama untuk mencegah adanya pelanggaran pemilu.

“Tanpa pers itu semua sia-sia saja,” tegasnya. (Mus)

Tinggalkan Komentar