Enam Nelayan Terdampar di Muara Ketapang Berhasil Dievakuasi Tim SAR

Enam Nelayan Terdampar di Muara Ketapang Berhasil Dievakuasi Tim SAR Pontianak (Foto: Ian/Hms SAR)
Enam Nelayan Terdampar di Muara Ketapang Berhasil Dievakuasi Tim SAR Pontianak (Foto: Ian/Hms SAR)

KalbarOnline, Ketapang, Kubu Raya – Sebuah kapal nelayan kandas di Muara Ketapang saat memasuki alur sungai Pawan. Diketahui kapal tersebut kehilangan arah sehingga berujung ke perairan dangkal dan menyebabkan kapal tersebut terjebak di perairan tersebut.

Kepala Kantor SAR Pontianak, Hery Marantika mengatakan hal tersebut merupakan dasar dari laporan salah satu istri awak kapal pada jam 23.15 wib pada Minggu (4/2) kepada kantor SAR Pontianak di Kubu Raya.

Dengan laporan tersebut Search And Rescue Pos Ketapang beserta KP3L, SROP Ketapang, SROP Pontianak dan Disnav Pontianak serta Keluarga korban menuju Lokasi Kejadian dengan Menggunakan RIB Pos SAR Ketapang.

“Seperti yang kita ketahui bersama kapal nelayan milik masyarakat Ketapang kandas disekitar buoy II Muara Sungai Pawan, Kabupaten Ketapang. Alhamdulillah berkat laporan yang kami terima dengan cepat tim rescue kami dari pos SAR Ketapang dibantu dengan Potensi SAR dan Instansi terkait berhasil mengevakuasi enam awak kapal dalam keadaan selamat,” ujar Hery Marantika.

Kemudian, lanjut dia, keenam awak kapal tersebut dibawa menuju pelabuhan Sukabangun, Kabupaten Ketapang. Pada kesempatan itu Kepala Kantor SAR Pontianak juga menghimbau kepada nelayan yang hendak melaut untuk memperhatikan alat pendukung dalam melaut.

“Pada kesempatan ini kami mengharapkan kepada teman-teman nelayan untuk melengkapi peralatan Navigasi, Komunikasi, keselamatan diri dan penunjang lainnya dalam melaut sehingga nantinya dapat digunakan saat terdapat kendala,” imbuhnya.

Adapun keenam awak kapal tersebut diantaranya, Sumitro (44), Suryadi (35), Jaenuri (19), Hairul Jawari (22), Hasantoso (29) dan Jauji (34). (Ian)

Tinggalkan Komentar