Pemkot Terus Kampanyekan Pontianak Bersepeda

Jalur Sepeda di Jalanan Kota Pontianak (Foto: Ist)
Jalur Sepeda di Jalanan Kota Pontianak (Foto: Ist)

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota Pontianak terus mendukung kampanye Pontianak bersepeda yakni dengan menyediakan jalur khusus sepeda sebanyak mungkin.

“Meskipun belum seluruh ruas jalan yang tersedia jalur sepeda, namun setiap pelebaran jalan akan dilengkapi pula dengan penyediaan jalur sepeda. Bahkan, ke depan trotoar-trotoar tertentu, terutama yang memiliki space cukup lebar, akan digunakan sebagian untuk jalur sepeda sehingga lebih aman bagi pengguna sepeda,” ujar Sutarmidji.

Namun sayangnya, kata Sutarmidji, masih ada pengendara kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda dua, yang tidak menghormati jalur khusus sepeda.

“Mestinya, ada atau tidak ada pengguna sepeda di jalur tersebut, jalur itu harus bebas dari kendaraan bermotor,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Pontianak, Satarudin, meminta sarana prasarananya jalur sepeda lebih diperhatikan.

Saat ini, tempat parkir khusus sepeda belum ada. Pantauan dia, cukup banyak pengguna sepeda yang kebingungan menyimpan sepedanya saat pergi ke satu tempat. Semisal warung kopi. Kedepan penataan perparkiran Pontianak tidak hanya mobil dan motor saja. Perkiraan dia, sepeda akan kembali jadi pilihan transportasi masyarakat.

Apalagi dengan giatnya Pemerintah Pontianak melakukan penataan ruang terbuka hijau saat ini. Kota yang teduh dan berkonsep membuat masyarakatnya menjadi nyaman. Sepeda bisa saja jadi salah satu transportasi pilihan masyarakat.

Pembuatan tempat parkir khusus sepeda kini harus mulai dilakukan. Contoh seperti negara maju sudah berlakukan ini sejak lama.

“Pontianak bisa dibuat seperti itu. Komitmen pemerintah harus ada dulu,” ungkapnya. (Fai)

(Berita ini sudah terbit di Gencil.news / Walikota Terus Kampanyekan Gemar Bersepada)

Tinggalkan Komentar