Resmikan 3 Proyek Pembangunan di Lebuk Lantang, Bupati Apresiasi Komitmen Keling Kumang Group

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan 3 (tiga) proyek pembangunan yang berlokasi di Kecamatan Tempunak diantaranya 3 (tiga) buah pembangkit listrik tenaga air kecil/hidro mikro (PLTMH), 2 (dua) buah pipanisasi air bersih dan satu unit homestay.

Turut hadir Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward, Dandim 1205 Sintang, unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sintang, pengurus CU Keling Kumang, masyarakat Kecamatan Tempunak serta unsur-unsur terkait lainnya di Dusun Lebuk Lantang, Desa Riam Batu, Kecamatan Tempunak, Selasa (30/1).

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Sintang itu sekali lagi menyampaikan apresiasinya kepada Keling Kumang Group atas kerja kerasnya serta komitmennya dalam menjadi contoh proses reformasi koperasi, dalam langkahnya merehabilitasi, mereorientasi dan pengembangan usaha.

Bupati Sintang sangat memuji atas usaha warga dan NGO yang berkaitan dengan pembangunan energi hijau ini.

“Inilah kearifan lokal kita, menunjukkan cara kita berhubungan dengan Tuhan, alam dan sesama manusia, mengusahakan keselasaran dan keseimbangan. Harus demikianlah hidup, pembangunan yang seimbang pada bidang ekonomi, sosial budaya dan lingkungan, dengna prinsip menjaga lingkungan dan memakmurkan hidup kita,” ujar Bupati.

Baca Juga :  Tutup Sintang Expo 2018, Bupati Jarot: Kedepan Harus Lebih Kreatif Lagi

Bupati juga menyebutkan bahwa pembangunan tersebut tentu tidak berhenti hanya disini. Kawasan Lingkar Saran akan menjadi sumber hidup bagi penarikan air baku untuk sumber air minum bagi masyarakat Sintang. Bendungan akan segera dibangun. Pipanisasi air sejauh 89 km akan dari mata air di Bukit Saran akan ditarik sampai ke kota Sintang, pengerjaannya akan dimulai pada tahun 2018.

“Selain itu, tahun ini kita akan menyelenggarakan festival investasi kelam, tentunya lingkar saran pun dapat menjadi salah satu tempat yang indah dan penting dapat dibangun seperti kelam, menjadi tempat yang menjanjikan investasi di Sintang ini,” tandas Bupati.

Sementara itu, Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward juga menyampaikan apresiasi positif atas pembangunan yang dilakukan oleh CU Keling Kumang bersama Yayasan Kehati dan MCAI ini.

“Saya berharap masyarakat dapat menjaga dengan baik fasilitas yang sudah ada ini, sehingga pertumbuhan ekonomi di sini bisa meningkat secara optimal,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Sintang dan Wakil Ketua Komisi V DPR-RI Hadiri Gawai Dayak di Desa Ensaid Panjang

Sementara itu, Yohanes selaku penanggungjawab program memaparkan bahwa tujuan akhir dari program ini untuk menjaga hutan adat yang ada. Program ini disebut dengan program penguatan ekonomi hijau lokal melalui pemberdayaan masyarakat adat dan pemulihan lingkungan (proyek self help green – SHG). Program ini merupakan kerja sama antara berbagai non government organization (NGO) Yayasan Kehati dan millenium challenge America-indonesia (MCA-I).

“Program ini dimulai pada tahun 2016. Pelaksanaan kegiatan dilakukan oleh konsorsium pemberdayaan ekonomi hijau (KUJAU Kalbar). Ruang lingkup proyek ini meliputi aktivitas pemberdayaan terutama kaum perempuan, budidaya, peningkatan produktivitas, pengelolaan kawasan serta mendorong ketahanan energi melalui pengadaan energi terbarukan,” kata Yohanes.

Peresmian dilakukan secara simbolis dengan menandatangani sejumlah prasasti. Kegiatan dilanjutkan dengan pengguntingan pita homestay sekaligus peninjauan ruangan homestay. Menyalakan lampu oleh Bupati Sintang. Mengalirkan air bersih di dalam homestay.

Pada kesempatan tersebut turut hadir sejumlah anggota DPRD Sintang dan sejumlah jajaran OPD di lingkungan Kabupaten Sintang. (Sg/Hms)

Comment