Hari ini KPU Ketapang Verifikasi Faktual 8 Partai, Salah Satunya Nasdem

KPU Ketapang Verifikasi Faktual 8 Partai, Salah Satunya Nasdem (Foto: Adi LC)
KPU Ketapang Verifikasi Faktual 8 Partai, Salah Satunya Nasdem (Foto: Adi LC)

KalbarOnline, Ketapang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang melanjutkan proses verifikasi faktual terhadap 14 partai politik (parpol) yang akan menjadi peserta pemilu pada 2019 mendatang. Pada hari ini, Rabu (31/1), ada delapan parpol yang diverifikasi faktual.

Diantaranya adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (GARUDA), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Berdasarkan pantauan Tim KalbarOnline, salah satu Partai yang dilakukan verifikasi faktual oleh KPU Ketapang ialah Partai Nasional Demokrat (NasDem), kegiatan tersebut berlangsung di kantor Sekretariat DPD Partai Nasdem di Jalan Basuki Rahmat Nomor 20 A Kelurahan Kantor, Kecamatan Delta Pawan, yang dihadiri oleh Ketua KPU, Roni Irawan, Komisioner Panwaslu Kabupaten Ketapang, Hadianto, S.Pd.I dan Ketua DPD Nasdem Ketapang, Drs H Gurdani Achmad.

Sama seperti verifikasi faktual yang dilakukan KPU terhadap Partai lainnya yaitu ada tiga komponen yang diverifikasi faktual yakni kepengurusan inti, keterwakilan perempuan, dan domisili kantor.

“Verifikasi Faktual ini kita lakukan berdasarkan putusan MK (Mahkamah Konstitusi/Red),” ujar Roni Irawan saat memberikan sambutannya di Sekretariat NasDem Ketapang, Rabu (31/1).

“Dalam verifikasi ini ada beberpa aspek yang akan kita konfirmasi yaitu kepengurusan inti yang berhubungan dengan Ketua, Sekretaris dan Bendahara serta ketentuan keterwakilan perempuan dalam kepengurusan partai NasDem dan status kantor meliputi surat domisili maupun kepemilikannya,” timpalnya.

Sementara itu, Ketua DPD Nasdem Ketapang, Drs H Gurdani Achmad berharap agar dalam verifikasi ini tidak ada masalah, karena menurutnya DPD NasDem Ketapang sudah berupaya maksimal mengikuti semua ketentuan yang ada dan sudah menyiapkan hal ini sejak jauh hari.

“Semoga dalam verifikasi ini sesuai dengan syarat yang diamanahkan sehingga kami bisa mengikuti kontestasi pada pesta demokrasi 2019 mendatang,” tandasnya. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar