Bulog Putussibau Siap Salurkan BPNT

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Perum Bulog Divisi Regional Kalbar, Kantor Seksi Logistik Putussibau siap menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) berupa Bantuan Sosial (Bansos) beras sejahtera (Rastra) di 23 kecamatan wilayah Kapuas Hulu.

“Bansos rastra siap kami salurkan dalam waktu dekat ini untuk 12.830 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Januari,” ujar Kepala Perum Bulog Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu, Halpid Handi Agus, Senin (29/1).

Dikatakan Agus, dalam penyaluran bansos rastra itu, pihak Bulog bertanggung jawab menyalurkan hingga titik distribusi yang telah disepakati dengan pemerintah setempat.

Baca Juga :  Tahun 2021 Pembangunan Gedung Disdikbud Kapuas Hulu Dilanjutkan, Pemkab Anggarkan Rp7 Miliar

“Sedangkan penyaluran Bansos Rastra dari titik distribusi ke titik bagi, itu sudah menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten atau kota. Jadi, keluarga penerima manfaat bansos rastra tidak dibebani harga tebus, masing-masing keluarga penerima manfaat mendapatkan 10 kilogram beras medium per bulannya,” ucapnya.

Lanjut Agus, tidak adanya harga tebus bansos rastra tersebut, berdasarkan Tupoksi yang tertuang dalam pedoman umum Bansos Rastra dari Kementerian Sosial, sehingga Bansos Rastra langsung di bawah Kementerian Sosial.

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas SDM Kalbar, Kodam XII/Tanjungpura Bentuk Satgas Pendidikan

Sementara Kepala Gudang Kantor Seksi Logistik Bulog Putussibau, Kusmayadi mengatakan pihaknya sudah menyiapkan Bansos Rastra dalam kemasan 10 kilogram dengan kualitas baik jenis beras medium.

“Mudah-mudahan dalam waktu dua – tiga hari ini Bansos Rastra sudah bisa disalurkan, kami masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam penentuan titik distribusi terdekat,” ucap Kusmayadi. (Ishaq)

Comment