SMAN 1 Nanga Mahap Gelar Sosialisasi Ujian Nasional Berbasis Komputer

KalbarOnline, Sekadau – SMA Negeri 1 Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau menggelar sosialiasi ujian nasional berbasis computer (UNBK) dengan mengundang para orang tua / wali siswa kelas XII yang akan mengikuti ujian kelulusan tahun 2018 ini, Sabtu (20/1) siang.

Kepala SMAN 1 Nanga Mahap, T Haryadi, S.Pd. memberikan penjelasan langsung tentang UNBK tersebut kepada orang tua siswa.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test(PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Baca Juga :  Posyandu Mekar Sari Pontianak Nominator Pelaksana Terbaik Posyandu Tingkat Nasional

Pada pelaksanaan UN tahun 2018 ini semua siswa wajib mengikuti UN satu kali untuk mata pelajaran tertentu yang dibiayai pemerintah. Apabila siswa tidak dapat mengikuti UN pada tahun yang sama dengan Ujian maka kelulusan dari satuan pendidikan belum dapat ditetapkan karena siswa tersebut belum mengikuti UN.

Siswa yang bersangkutan wajib mengikuti UN berikutnya. Ini sesuai dengan ketentuan dalam PP, bahwa siswa wajib mengikuti UN satu kali yang dibiayai oleh pemerintah.

Baca Juga :  Terkait Fee Proyek di Kabupaten Purbalingga 6 Orang Diamankan KPK

Pencapaian kompetensi lulusan dalam UN tahun 2018 dinyatakan dalam empat kategori; sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Penilaian pencapaian kompetensi lulusan dalam UN didasarkan pada rentang nilai 0 sampai 100 dengan kategori sebagai berikut:

Sangat Baik dengan kriteria 85 < Nilai ≤ 100

Baik dengan kriteria 70 < Nilai ≤ 85

Cukup dengan kriteria 55 < Nilai ≤ 70

Kurang dengan kriteria 0 ≤ Nilai ≤ 55

(Mus)

Comment