Resmikan Kantor Cabang CU di Binjai Hulu, Bupati: Melawan Kemiskinan Perlu Kolaborasi

Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya, Pada Peresmian Kantor Cabang CU Keling Kumang di Kecamatan Binjai Hulu (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya, Pada Peresmian Kantor Cabang CU Keling Kumang di Kecamatan Binjai Hulu (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan kantor cabang Binjai Credit Union (CU) Keling Kumang di Kecamatan Binjai Hulu, Senin (15/1).

Bupati mengatakan bahwa Keling Kumang Group merupakan aset daerah sebagai contoh tuntasnya reformasi koperasi sebagaimana diamanatkan oleh pemerintah pusat. Mulai dari proses rehabilitasi, reorientasi, dan pengembangan. CU Keling Kumang telah menunjukkan perkembangan, dari hanya sekedar koperasi simpan pinjam berkembang menjadi koperasi konsumsi, K52 dan koperasi produksi, K77.

“Mereka juga mengembangkan usaha lainnya seperti, Ladja Hotel dan ekowisata di kawasan Lingkar Saran. Dua tahun terakhir pemerintah telah melaunching reformasi koperasi. Pemerintah Kabupaten Sintang juga sudah menindaklanjuti hal tersebut dengan menutup atau menarik ijin operasi koperasi yang tidak sehat. Proyeksi kita koperasi di Sintang nantinya akan hanya ada 200an koperasi tapi sehat,” jelas Bupati.

Orang nomor satu di Bumi Senentang ini menjelaskan bahwa dampak dari aktifnya pemerintah dalam gerakan reformasi koperasi ini, ada 83 koperasi yang sudah tutup dan ada 23 koperasi yang sudah diusulkan pemerintah untuk juga ditutup.

Menyikapi tentang lokasi kantor tersebut, Bupati menegaskan bahwa posisi kantor sudah sangat strategis.

“Di sebelah Hulu Binjai ini, ada 60 ribu jiwa di sana. Jumlah itu sangat potensial untuk dibangun ekonominya dan disejahterakan melalui gerakan koperasi,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua CU Keling Kumang, Mikael menyebutkan bahwa CU yang ada dibawah pimpinannya itu akan meningkatkan aset dan jumlah anggota. Ia juga menyampaikan harapan agar para aktivis cukup kk terus berkembang meningkatkan pelayanan dan semakin mendekatkan diri kepada anggota.

“Keberadaan kantor menjadi motivasi untuk jadi lebih maju kedepannya. Kantor ini adalah aset kita bersama, pergunakan dengan baik dan berikan sumbangsih sebesar-besarnya kepada masyarakat di sini. Bersinergilah dengan forkopimcam Binjai Hulu sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah Sintang juga komponen lain yang ada disini,” pesannya.

Valentinus, selaku CEO CU KK menjelaskan bahwa pemindahan kantor ke Binjai Hulu dari Temabawang Alak merupakan upaya untuk memaksimalkan pelayanan kepada anggota. Selain dilatarbelakangi banyaknya anggota yang di Binjai Hulu, Ketungau Hilir pergi ke kantor pusat di Sintang untuk bertransaksi.

“Kantor ini merupakan swadaya anggota. Upaya ini untuk mendekatkan kantor kepada anggota. Demi kemudahan melayani anggota,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Managing director Keling Kumang Group, Yohane mengatakan pembukaan kantor cabang yang baru ini merupakan momen penting bagi 2000 anggota yang ada di kawasan Binjai dan sekitarnya.

“Disini kita ingin bertumbuh bersama petani, melalui simpan pinjam, k52 dan k77. Kalau pendapatan petani di jalur ini naik secara signifikan tentunya akan memberikan kontribusi pada kemajuan ekonomi,” tambahnya.

“Kita fasilitasi juga untuk kelompok-kelompok kerja selain petani sawit. Kita berharap tempat ini bisa dioptimalkan oleh anggota dan masyarakat,” tutupnya.

Peresmian kantor ini dihadiri lebih dari 200 orang anggota. Bupati melakukan pemukulan gong sebanyak 7 kali sebagai tanda diresmikannya gedung kantor baru ini. Usai membuka selubung papan nama kantor, Bupati juga menyempatkan diri meninjau isi dan suasana kantor baru tersebut.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koeprasi, UMKM, Sudirman. Tampak juga Camat Binjai Hulu, Kusnidar beserta Kapolsek dan Danramil Binjai Hulu. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar