Polres Kapuas Hulu Launching Program Kampung Kamtibmas, Ini Paparan Kapolres

Polres Kapuas Hulu Launching Program Kampung Kamtibmas (Foto: Ist)
Polres Kapuas Hulu Launching Program Kampung Kamtibmas (Foto: Ist)

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Polres Kabupaten Kapuas Hulu, melaunching program kampung kamtibmas (PKK), Jum’at (12/1).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir, SH, Kapolres, AKBP Imam Riyadi, SIK., MH, Wakapolres Kompol Dwi Budi, SIK, Wadanyon Raider Khusus 644 Walet Sakti, Kasdim 1206 Putussibau, Wakil Ketua Pengadilan Negeri, Pejabat Mewakili Kejari, Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, Jajaran Polres Kapuas Hulu, Pengurus Kemala Bhayangkari, yang berlangsung di gedung voli indoor Purussibau.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi, dalam paparannya mengatakan bahwa launching Program Kampung Kamtibmas ini yang pertama di Provinsi Kalimantan Barat bahkan yang pertama di Indonesia.

Kegiatan program ini berdasarkan Undang-undang Kepolisian Nomor 2 Tahun 2002, Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat, Program Promoter Kapolri dan Program 100 hari Kapolda Kalbar.

“Launching program kampung kamtibmas melihat latar belakang kondisi geografis Kabupaten Kapuas Hulu yang sangat luas, letak Kabupaten Kapuas Hulu yang berbatasan langsung dengan Malaysia serta program Nawacita Presiden, Ir Joko Widodo,” ucap Kapolres.

Program Kerja kampung kamtibmas, menurut Kapolres yakni pada bidang ekonomi yang mencakup pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan.

“Sedangkan kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam program ini yaitu peternakan madu kelulut di Kecamatan Bunut Hulu oleh anggota kita atas nama Ipda Bardiono, budidaya tambak ikan oleh Brigpol Indra Gunawan serta peternakan ayam di Kecamatan Bunut Hilir oleh Brigpol Yudi Rosadi,” ungkapnya.

Disamping itu pula, lanjutnya, di program pendidikan membantu program belajar dan mengajar di sekolah formal dan informal, membuat rumah baca di tranmigrasi Kecamatan Kalis oleh Bripka Belmi Sialagan, taman bacaan Kemala Cinta Indonesia di Kecamatan Badau dan membuat taman bacaan Kemala Cinta Indonesia di Kecamatan Puring Kencana.

Selain itu dijelaskan Kapolres, Polres Kapuas Hulu juga bergerak di program sosial, Budaya dan Agama sehingga terwujudnya program Promoter Kapolri dan Program 100 hari Kerja Kapolda Kalbar.

“Promoter itu adalah Profesional dalam membina, modern dalam melayani, terpercaya dalam melindungi menuju Polda Kalbar Berkibar (Bekerja Benar),” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir, SH mengatakan bahwa kampung Kamtibmas merupakan yang pertama ada di Kapuas Hulu.

“Patut kita apresiasi Kapolres Kapuas Hulu, karena ini merupakan program yang sangat luar biasa. Tentu dengan adanya program ini, sangat membantu pemerintah daerah Kapuas Hulu untuk menciptakan Kamtibmas yang selalu aman dan terjaga dengan baik. Mudah-mudahan program kampung Kamtibmas ini, bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Launching Program Kampung Kamtibmas tersebut dilakukan oleh Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir, yang ditandai dengan penekanan tombol launching yang dilakukan bersama-sama. (Ishaq)

Tinggalkan Komentar