LPTQ Siap Laksanakan MTQ Tingkat Kabupaten Sintang 2018

Rapat Persiapan LPTQ Sintang Menghadapi MTQ Tingkat Kabupaten 2018

KalbarOnline, Sintang – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Sintang mulai melakukan persiapan untuk melaksanakan even besar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Sintang tahun 2018.

Musabaqah Tilawatil Quran menjadi salah satu even besar yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sintang. Demikian disampaikan Ketua Umum LPTQ Kabupaten Sintang, H Abdurrasyid saat memimpin rapat persiapan di Balai Praja Kantor Bupati Sintang, Selasa (9/1).

“MTQ dilaksanakan untuk melakukan pembinaan serta mempersiapkan kontingen Kabupaten Sintang dalam penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Barat 2018. Sedangkan tujuannya adalah selain untuk meningkatkan kecintaan umat Muslim terhadap isi kandungan Al-Quran, juga untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sosial, memperluas syiar Islam di Kabupaten Sintang,” terang H Abdurrasyid.

Baca Juga :  Peringati Hari Anak Nasional, Ratusan Pelajar di Sintang Lakukan Kampanye

“Untuk Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Kabupaten Sintang ini kita mengusung tema “membentuk masyarakat Sintang religius yang berjiwa Qur’ani agar mampu menjawab tantangan masa depan’. Kita mengharapkan pelaksanakan MTQ nanti bisa membantu program pembangunan daerah khususnya mewujudkan masyarakat Sintang yang religius,” tambah H Abdurrasyid.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana MTQ Tingkat Kabupaten Sintang, H Joni Nurhaili menjelaskan bahwa rapat ini merupakan pertama kalinya dilakukan untuk mempersiapkan dan konsolidasi panitia sehingga dapat bersama-sama menyukseskan even yang sudah lama tidak dilakukan di Kabupaten Sintang.

“Rapat hari ini selain membagikan SK Kepanitiaan, juga memberikan pengarahan kepada semua komponen kepanitiaan supaya mulai hari ini sudah bergerak melaksanakan tugas mempersiapkan pelaksanaan MTQ ini,” terang H Joni Nurhaili.

“Kita sudah merencanakan untuk melaksanakan MTQ Tingkat Kabupaten Sintang pada 22 – 27 Maret 2018 ini. Selama pelaksanaan MTQ, kita akan isi juga dengan pawai ta’ruf, pameran/expo dan hiburan bernuansa Islami. Lokasinya akan kita fokuskan di sekitar Stadion Baning Sintang dengan memanfaatkan ruang terbuka yang ada di sekitar stadion. Diperkirakan sekitar 500 orang peserta yang akan hadir dengan melibatkan berbagai unsur seperti Kementerian Agama, Pemkab Sintang, Ormas Islam dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) sebagai leading sektor,” tambah H Joni Nurhaili.

Baca Juga :  Bupati Jarot Lepas Peserta Pawai Ta’aruf MTQ XXIII Sintang 2018

“Saya berharap seluruh kecamatan bisa berpartisipasi aktif dengan mengirimkan rombongan kafilahnya untuk ikut di 5 cabang yang dilombakan pada pelaksanaan MTQ tersebut. Saya juga menghimbau semua komponen masyarakat untuk ambil bagian dalam penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten Sintang Tahun 2018 ini,” harap H Joni Nurhaili. (Sg/Hms)

Comment