Pemuda Rirang Jati Kenalkan Wisata Alam Baru Bukit Burang

Puluhan Pemuda Yang Tergabung Dalam Komunitas Pemuda Pecinta Alam Rirang Jati, Berwisata di Bukit Burang (Foto: Mus)
Puluhan Pemuda Yang Tergabung Dalam Komunitas Pemuda Pecinta Alam Rirang Jati, Berwisata di Bukit Burang (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Puluhan pemuda Rirang Jati yang tergabung dalam komunitas pecinta alam melakukan perjalanan mendaki bukit burang dalam rangka mengisi akhir liburan sekaligus memperkenalkan wisata baru yakni Bukit Burang yang mempunyai panorama alam yang sangat menakjubkan, Minggu (7/1).

Diketahui bahwa, Bukit Burang terletak di Dusun Rirang Jati, Desa Rirang Jati, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau.

Perjalanan menuju Dusun Rirang Jati dapat ditempuh melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dari ibu kota Kabupaten Sekadau dengan waktu satu jam perjalanan.

Beralih dari kota kabupaten, perjalanan dari titik awal Dusun Rirang Jati menuju puncak bukit menghabiskan waktu dua jam dan hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki.

Jerry, pemuda asli Dusun Rirang Jati mengatakan bahwa sepanjang perjalanan ia bersama teman-teman dapat melihat pemandangan alam yang hijau dari dataran tinggi dengan hamparan sawah luas dan hutan-hutan besar yang masih terjaga keasliannya.

“Perjalanan kali ini sangat seru karena bersamaan dengan musim durian, jadi kami dapat berhenti sejenak dan mencari durian untuk dimakan bersama,” ucap pemuda yang baru saja menyelesaikan studinya di Sekolah Menengah Atas 1 Nanga Taman ini.

Sementara itu kordinator kelompok pemuda pencinta alam Rirang Jati, Elis Suhendra mengatakan bahwa kegiatan wisata alam ini selalu diadakan oleh pihaknya setiap tahun, untuk mengisi waktu libur bersama dengan bermalam dipuncak bukit.

“Kegiatan tahun ini berbeda dengan sebelumnya, kami ingin fokus untuk memperkenalkan lokasi wisata alam di desa kami yang murah meriah dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata bari para wisatawan yang akan berkunjung,” tukasnya.

Saat ditanya mengenai tindak lanjut memperkenalkan tempat wisata ini, pemuda yang pernah mewakili Kalimantan Barat dalam Jambore Pemuda Indonesia 2017 di Sawahlunto ini mengatakan bahwa kedepannya dengan kegiatan wisata alam yang dilakukan pihaknya ini, ia berharap semakin banyak para wisatawan yang akan berkunjung ke Bukit Burang untuk merasakan indahnya alam di tempat tersebut.

“Semoga saja semua pihak, pemerintah atau dinas terkait dapat merespon positif melihat potensi wisata di Dusun kami ini,” harapnya.

Meskipun tergolong baru wisata Bukit Burang ini menyajikan hamparan alam yang luas dapat dilihat dari ketinggian serta udara yang sejuk diatas bukit membuat para wisatawan yang pernah berkunjung memilih bermalam diatas bukit untuk sekedar menikmati pemandangan sunrise dan sunset matahari diwaktu yang berbeda. (Mus)

Tinggalkan Komentar