Categories: Pontianak

DPMTK-PTSP Ingatkan Pelaku Usaha Lewat LEEWS, Supaya Tak Lupa Izinnya akan Berakhir

KalbarOnline, Pontianak – Pelaku usaha tak perlu kuatir lagi kelupaan apabila perizinan yang dimilikinya telah habis masa berlakunya. Pasalnya, Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTK-PTSP) Kota Pontianak telah menyediakan layanan Licence Expiration Early Warning with SMS (LEEWS).

Layanan pengingat melalui pesan singkat ini sangat membantu pelaku usaha mengingatkan mereka untuk segera memperpanjang perizinan yang dimilikinya. Kepala DPMTK-PTSP Kota Pontianak, Junaidi menerangkan, layanan ini dibuat sebagai pengingat supaya para pelaku usaha segera memperpanjang izin-izin yang dimilikinya sebelum masa berlaku habis.

“Nanti pengingatnya berupa pemberitahuan melalui SMS langsung ke nomor telepon seluler pemilik usaha,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya, Jumat (29/12).

Ditambahkannya, selama ini terkadang perizinan yang dimiliki pelaku usaha melewati masa berlakunya. Alasannya karena sibuk dengan aktivitas usahanya sehingga tidak sempat memeriksa masa berlaku izinnya.

“Kadang ada yang hingga enam bulan izinnya mati baru diurus,” ungkapnya.

Junaidi menjelaskan, berdasarkan Peraturan Wali Kota Nomor 59 Tahun 2014, disebutkan jika pelaku usaha atau pemilik izin terlambat mengurus perpanjangan hingga melewati tiga bulan, maka yang bersangkutan harus mengajukan persyaratan baru.

“Kalau sebelum berakhir masa berlaku izinnya dia sudah mempersiapkan segala kelengkapan administrasinya, maka semakin cepat izin perpanjangannya terbit. Perizinan kita kan sudah bukan hitungan hari lagi tapi sudah hitungan jam,” sebutnya.

LEEWS sudah diimplementasikan sejak 30 Mei 2017. Hingga Desember 2017, peringatan diberikan untuk perpanjangan Izin HO dan TDUP yang habis masa berlakunya antara 7 April 2017 sampai 31 Januari 2018, tercatat total sebanyak 740 Izin HO dan 164 TDUP. (jim)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

PWI Kalbar Dukung Komitmen Pelaksanaan PPDB Tahun 2024

KalbarOnline, Pontianak - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalbar ikut berpartisipasi dalam penandatanganan komitmen bersama…

1 hour ago

Begini Kronologi Kecelakaan Maut Bus PT Cargill yang Tewaskan Pengendara Motor di Marau

KalbarOnline, Ketapang - Seorang saksi mata mengungkapkan bagaimana kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus sekolah…

6 hours ago

Ini Daftar 65 Anggota Dewan Kalbar Terpilih Hasil Pemilu 2024

KalbarOnline, Pontianak - KPU Provinsi Kalbar telah menetapkan sebanyak 65 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah…

7 hours ago

Pria Berusia 69 Tahun di Wajok Hulu Mempawah Hilang Saat Pergi di Kebun

KalbarOnline, Mempawah - Seorang pria berusia 69 tahun bernama Usman bin Agus hilang saat pergi…

7 hours ago

Sinergi Kemendikbudristek dan Pemerintah Daerah, Bangun Ekosistem Pendidikan Digital

KalbarOnline, Bandung - Dalam rangka memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah terkait pemanfaatan platform teknologi pendidikan…

8 hours ago

Pemkot Pontianak Komitmen Laksanakan PPDB Secara Objektif, Transparan dan Akuntabel

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menjelaskan, pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru…

8 hours ago