Pemkab Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Rumah Betang Ulu Banua

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menyalurkan bantuan korban kebakaran Rumah Betang Ulu Banua, Dusun Bulan Tinjo, Desa Sayut, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, belum lama ini.

Bantuan tersebut langsung diberikan oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero, SH kepada korban kebakaran Rumah Betang Ulu Banua.

“Kami turut prihatin yang mendalam ketika mendengar terjadi kebakaran di 19 bilik betang RT 03 desa Sayut,” ujar Wabup, seperti dilansir dari Pontianak.tribunnews.com.

Wabup Anton juga menjelaskan bahwa dirinya dan Bupati sudah mendapat kabar terkait musibah tersebut, dan langsung memerintahkan Satuan Polisi Pamong Praja untuk melakukan pemadaman.

Akan tetapi keadaan dilapangan menghambat upaya pemadaman, karena jalan sempit mobil pemadam tidak bisa menggapai lokasi kejadian.

“Kami sudah berusaha melakukan semua hal dengan maksimal. Bahkan untuk bantuan kami berusaha hingga ke Pemerintah Pusat akan tetapi kita terkendala, karena Badan Penanggulangan Bencana tidak berdiri sendiri,” paparnya.

Meski demikian, lanjutnya, Pemkab Kapuas Hulu tetap mengupayakan bantuan dari daerah, sehingga kali ini dapat memberikan beras sebanyak 3 ton lebih, pakaian anak sekolah.

“Untuk memberi bantuan ini kami tidak bisa gampang saja, maunya kami saat kejadian langsung beri bantuan, cuma ada kewajiban administrasi yang harus dilalui, kalau tidak begitu akan jadi temuan,” tukas Wabup.

Mengenai 19 bilik betang yang terbakar, Wabup menuturkan ada bantuan dana totalnya Rp160 juta. Bantuan tersebut sudah ada nama penerimannya.

“Ini jangan sampai jadi masalah di desa, mudah-mudahan ini bisa bantu bangun kembali betang,” harapnya.

Wabup menjelaskan kepada para korban kebakaran bahwa bencana itu tidak dikehendaki, masyarakat jangan terlena dan larut dalam sedih.

“Kita harus bangkit, harus berusaha bagimana kembali seperti semula keadaannya. Semua harus saling bantu untuk bangun kembali betang. Apa yang dibutuhkan koordinasikan lagi dengan Pemkab Kapuas Hulu, kita akan berusaha membantu semampunya,” tandasnya. (Haq)

Tinggalkan Komentar