Diskominfo Komitmen Bangun Jaringan Komunikasi Daerah Terisolir

Diskominfo Kubu Raya Komitmen Bangun Jaringan Komunikasi Daerah Terisolir (Foto: Ian)
Diskominfo Kubu Raya Komitmen Bangun Jaringan Komunikasi Daerah Terisolir (Foto: Ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Sejumlah provider telekomunikasi yang telah membangun tower komunikasi di daerah Kabupaten Kubu Raya diberikan penghargaan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kubu Raya di ruang Media Center Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (21/12) siang.

Kepala Diskominfo Kubu Raya, TH. C. Leydianto, S.IP., M.Si, mengapresiasi kerja pihak swasta dalam rangka membuka komunikasi di daerah-daerah yang masih terisolir.

“Selain menjalin silaturahmi kegiatan ini juga merupakan ungkapan terimakasih dalam hal kinerja para provider yang telah berkiprah di Kubu Raya. Dalam bentuk penyerahan piagam kepada para provider, karena pada masyarakat sendiri telah merasakan komunikasi yang sebelumnya masih terisolir oleh jarak kontruksi tower yang ada,” ujarnya, ditemui usai membuka rapat koordinasi dan penyerahan piagam kepada provider telekomunikasi dalam partisipasi pembangunan Kabupaten Kubu Raya tahun 2017.

Menurut dia dengan berkembangnya pembangunan telekomunikasi dan informasi maka pembangunan suatu daerah lebih cepat berkembang. Terlebih lagi dengan secara geografis Kubu Raya terbagi-bagi hingga ke daerah pesisir, sehingga pencapaian komunikasi dan informasi sangat dibutuhkan.

“Diskominfo juga mendorong pencapaian komunikasi di daerah-daerah terpencil melalui program Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan bersama provider dalam memberikan ruang pada infrastrukturnya. Seperti bangunan tower yang ada di Kecamatan untuk berbagi ruang pada alat kita agar terkoneksi internetnya dalam memenuhi bandwidht di kantor desa,” ungkapnya

Dikatakannya, hal ini juga berpengaruh pada jaringan optic yang dimiliki provider untuk digunakan kepentingan daerah. Dirinya juga menjelaskan kedepannya Diskominfo akan mengembangkan beberapa program unggulan seperti Command Center yang telah dilakukan Pemkot Pontianak.

“Ruang Media Center juga akan kita kembangkan untuk rekan-rekan media yang bekerja di Kubu Raya dalam hal menggunakan media center sebagai wadah berkomunikasi kepada Pemda. Begitu pula pengelolaan Data Center, dengan bermacam-macam aplikasi saat ini, akan kita satukan dibawah naungan Diskominfo Kubu Raya sebagai leadernya. Aplikasi apapun yang dikembangkan oleh SKPD akan terintegrasi ke Diskominfo,” jelasnya. (ian)

Tinggalkan Komentar