Tips Agar Proses Pembukaan Berjalan Cepat pada Persalinan Normal

Mums yang tidak ingin mengalami kendala saat persalinan, misalnya susahnya mengalami pembukaan, bisa mencari tahu informasi dari sekarang mengenai cara agar proses pembukaan berjalan cepat saat melahirkan normal. Pembukaan atau bukaan jalan lahir merupakan suatu hal yang akan menentukan cepat atau tidaknya proses kelahiran bayi. Bukaan jalan lahir ini menunjukkan seberapa lebar leher rahim membuka untuk jalan bayi.

Saat mendekati waktu persalinan, akan terjadi perubahan fisik pada ibu hamil. Perubahan fisik yang bisa terjadi pada ibu hamil yaitu leher rahim melunak dan melebar, sebagai respon tubuh untuk persiapan kelahiran.

Yang sering menjadi kendala pada proses persalinan yaitu lamanya pembukaan. Proses ini dialami berbeda untuk setiap ibu. Ada Mums yang diberikan kemudahan, ada juga yang tidak demikian. Tidak sedikit ibu hamil yang stres karena pembukaannya tak kunjung lengkap sampai bukaan 10. Jika Mums nanti mengalaminya, lakukan tips berikut ini agar pembukaan berjalan cepat.

Baca Juga :  Gelar FGD, Dinkes Kalbar Tingkatkan Sinergitas Dalam Upaya Turunkan Stunting Melalui 5 Pilar STBM
Baca juga: 5 Latihan Mudah untuk Persiapan Persalinan Normal

Tips Agar Proses Pembukaan Berjalan Cepat

Beberapa cara alami yang bisa Mums lakukan agar pembukaan berjalan cepat saat melahirkan normal di antaranya:

1. Sering berjalan kaki

Saat Mums menunggu waktu persalinan, usahakan untuk berjalan kaki sesering mungkin. Dengan adanya kombinasi gerakan jalan kaki dan gaya gravitasi akan membantu janin turun ke jalan lahir. Selain itu, gerakan kepala bayi akan memberikan tekanan pada serviks sehingga membantu agar pembukaan berjalan cepat saat melahirkan.

2. Latihan dengan bola

Bola melahirkan atau ball birth ini selain bisa digunakan untuk mengatasi nyeri punggung, juga bisa digunakan sebagai alat yang membantu agar cepat pembukaan saat melahirkan. Cara menggunakan ball birth ini agar pembukaan berjalan cepat saat melahirkan yaitu dengan duduk atau berjongkok di atasnya. Posisi seperti itu akan menimbulkan adanya pelebaran pada serviks dan semakin membuka jalan lahir.

Baca juga: Makanan Peningkat Stamina untuk Menghadapi Persalinan Normal

Baca Juga :  Suami Alami Ejakulasi Dini, Bisakah Hamil?

3. Mandi dengan air hangat

Menjelang proses persalinan tiba, Mums bisa mandi dengan air hangat. Sentuhan dari air hangat akan membantu merilekskan pikiran dan juga bisa mengatasi otot yang tegang pada tubuh Mums. Selain itu dengan cara mandi memakai air hangat ini juga membantu pembukaan lebih cepat.

4. Lakukan stimulasi puting

Metode yang satu ini mambantu peningkatan pembukaan saat melahirkan yaitu dengan efek melebarnya leher rahim atau serviks. Pelepasan oksitosin dari stimulasi puting juga akan menimbulkan adanya kontraksi dengan cepat pada rahim. Meskipun hal ini tidak langsung ditujukan pada pembukaan serviks, dengan dilakukan perangsangan persalinan juga akan membantu.

Demikian beberapa cara alami yang bisa membantu agar cepat pembukaan saat melahirkan. Cara tersebut bisa dilakukan Mums menjelang hari persalinan. Semoga bermanfaat, dan semoga kelahirannya berjalan lancar ya Mums!

Baca juga: Bagaimana Rasanya Kontraksi? Begini Rasanya, Mums!

Comment