Bupati Sekadau Terima Penghargaan WTP dari Menkeu RI

Bupati Sekadau, Rupinus, Saat Menerima Penghargaan WTP dari Menkeu RI, Yang Diserahkan Gubernur Kalbar, Cornelis (Foto: Hms)
Bupati Sekadau, Rupinus, Saat Menerima Penghargaan WTP dari Menkeu RI, Yang Diserahkan Gubernur Kalbar, Cornelis (Foto: Hms)

Sekaligus Penyerahan DIPA Tahung Anggaran 2018 oleh Gubernur

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si menerima penghargaan atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Sekadau dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016 dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah dari Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati.

Penyerahan penghargaan WTP ini diserahkan oleh Gubernur Kalimantan Barat sebagai perwakilan pemerintah pusat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (14/12) bersamaan dengan acara penyerahan DIPA tahun anggaran 2018.

Penghargaan yang diberikan oleh Menkeu RI kepada Pemkab Sekadau merupakan prestasi atas penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) keuangan tahun anggaran 2016.

Bupati Sekadau, Rupinus satu diantaranya dari 8 Kabupaten/kota di Kalimantan Barat yang menerima penghargaan dari Menkeu RI, Sri Mulyani.

Bupati Rupinus mengatakan bahwa penghargaan yang diterimanya itu sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah atas penyelenggara pengelolaan keuangan Negara.

Dikatakan Rupinus, penghargaan WTP yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Sekadau dari Menkeu RI merupakan apresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Sekadau dalam mengelola keuangan daerah yang transparansi dan akuntabilitas.

“Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami Pemerintah Kabupaten Sekadau. Lima tahun kita berturut-turut memperoleh penilaian WTP dari BPK RI. Saya berharap opini WTP bisa dipertahankan pada LHP Keuangan tahun 2017,” tukasnya.

Orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari ini juga berharap dengan opini WTP lima tahun berturut – turut ini, aparatur Pemkab Sekadau harus bisa lebih profesional lagi dalam mengelola keuangan daerah.

Ia juga menyebutkan predikat opini WTP yang diraih ini merupakan penilaian yang objektif. Apalagi, lanjut Rupinus, dalam pemeriksaaan keuangan tahun anggaran 2016 ini, BPK Perwakilan Kalbar bekerjasama dengan akuntan publik dan audit independen.

“Jadi opini WTP yang kita peroleh ini adalah bersifat objektif, dan tidak ada kita minta opini WTP,” tegas Rupinus.

Prestasi opini WTP ini juga, lanjut Rupinus, harus menjadi motivasi sekaligus semangat kerja seluruh aparatur di lingkungan Pemkab Sekadau.

“Prestasi ini harus dipertahankan dan ditingkatkan untuk bisa lebih baik lagi,” tegasnya.

Sebelumnya Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Albertus Pinus mengatakan perolehan WTP merupakan hasil kerja keras dan kerja sama dari semua pihak.

Prestasi ini juga, lanjut politisi PDIP itu, atas komitmen untuk mengikuti dan mentaati peraturan dan peundang undangan yang berlaku. Komitmen ini harus dipertahankan oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Sekadau. (Mus/Hms)

Tinggalkan Komentar