Pimpin Rakor TKPK Sintang 2017, Wabup Askiman: P2-Emas Upaya Pemkab Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Wakil Bupati Sintang, Askiman, Saat Memberikan Arahannya, Pada Rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (Foto: Sg/Hms)
Wakil Bupati Sintang, Askiman, Saat Memberikan Arahannya, Pada Rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Dalam upaya koordinasi dan penanggulangan kemiskinan di daerah, Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Sintang, melaksanakan Rapat Koordinasi di Ruang Pertemuan Balai Paraja Kantor Bupati Sintang, Rabu (13/12).

Wakil Bupati Sintang, Askiman yang juga Ketua Tim Koordinasi Penangulangan Kemiskinan(TKPK) Kabupaten Sintang dalam sambutannya menyatakan bahwa penangulangan kemiskinan di daerah merupakan tanggung jawab bersama yang harus  melibatkan Pemerintah, Swasta dan masyarakat.

Dengan melalui Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) ini, diharapkan dapat merumuskan berbagai program dan kegiatan penagulangan kemiskinan sebagai sebagai salah satu program unggulan daerah, dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan percepatan penurunan angka kemiskinan di daerah.

“Jika dibandingkan dengan kabupaten/kota di Propinsi Kalimantan Barat, tingkat kemiskinan Kabupaten Sintang tahun 2016 berada pada urutan ke-10 terendah, dimana Kabupaten Sanggau dengan tingkat kemiskinan yang paling rendah (4,51%), Kabupaten Melawi dengan tingkat kemiskinan paling tinggi (12,63%),” ungkapnya.

Wabup Askiman juga menegaskan, salah satu program Pemerintah Kabupaten Sintang kedepan yang akan dilakukan adalah melalui Program Peningkatan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (P2-Emas) yang akan dilaksanakan pada tahun 2018.

“Dengan lokasi sasaran di tujuh Desa sebagai Pilot Project yaitu Desa Pakak, Kecamatan Kayan Hilir, Desa Solam Raya, Kecamatan Sungai Tebelian, Desa Binjai Hulu, Kecamatan Binjai Hulu, Desa Ensaid Panjang, Kecamatan Kelam Permai, Desa Temawang Muntai, Kecamatan Sepauk, Desa Mentajoi, Kecamatan Serawai dan Desa Bekuyan Luyang, Kecamatan Ketungau Hulu,” paparnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan rakor ini merupakan momen yang sangat penting dan strategis, karena hadir seluruh pemangku kepentingan pembangunan yang diharapkan seluruh peserta rakor dapat mengikuti kegiatan ini secara serius dan bersungguh-sungguh, dengan memberikan sumbangan pemikirannya dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sintang.

Turut hadir, OPD yang terlibat dalam TKPK, serta beberapa beberapa Camat. (Sg/Eko Hms)

Tinggalkan Komentar