Excavator Terperosok ke Parit, Jembatan Pekawai Nanga Mahap Amblas

Excavator Terperosok ke Parit, Jembatan Pekawai Nanga Mahap Amblas (Foto: Mus)
Excavator Terperosok ke Parit, Jembatan Pekawai Nanga Mahap Amblas (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Sebuah alat berat jenis excavator milik PT Mahap Bhakti Jaya (MBJ) yang diangkut melalui truk, terperosok ke dalam parit, Rabu (13/12).

Hal itu berawal, saat truk pengangkut excavator tersebut melintas di jembatan di Desa Pekawai, Kecamatan Nanga Mahap, akibat tidak mampu menahan beban muatan, jembatan yang terbilang sudah tua akhirnya amblas.

Kapolsek Nanga Mahap, IPDA I Nengah Mulyawan mengatakan bahwa jembatan tersebut amblas akibat dilalui oleh kendaraan bermuatan alat berat di Desa Pekawai Kecamatan Nanga Mahap.

Ia menjelaskan bahwa pada saat melewati jembatan Pekawai, truk tronton terperosok di tengah jembatan akibat dari patahnya kayu gelegar jembatan sehingga alat berat excavator terperosok ke parit.

“Tidak mampu menahan beban berat, jembatan juga sudah tua. Untungnya tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga menerangkan bahwa alat berat yang dibawa tersebut merupakan milik PT Mahap Bhakti Jaya (MBJ).

“Dari kecamatan Nanga Mahap dengan tujuan Desa Biaban, Kecamatan Sekadau Hulu, untuk buka lahan baru perkebunan sawit. Amblasnya (jembatan) akibat tidak mampu menahan beban, usia jembatan sudah tua, kayu rapuk, setiap dilewati kendaraan roda empat, jembatan juga goyang,” paparnya.

Kapolsek juga menegaskan bahwa pihak perusahaan bertanggung jawab penuh atas peristiwa tersebut.

“Pihak perusahaan MBJ bertanggung jawab atas kerusakan tersebut, dan langsung diperbaiki. Dan sekarang arus lalu lintas sudah berjalan normal,” jelasnya.

Proses evakuasi alat berat, dibantu oleh anggota Polsek Nanga Mahap dan warga sekitar. (Mus)

Tinggalkan Komentar