Buka Pagelaran Seni Budaya Multietnis Sintang, Sekda: Pertahankan dan Lestarikan

Sekda Sintang, Yosepha Hasnah, Saat Membuka Pagelaran Seni Budaya Multietnis Sintang, Yang Ditandai Dengan Pemukulan Bedug (Foto: Sg/Hms)
Sekda Sintang, Yosepha Hasnah, Saat Membuka Pagelaran Seni Budaya Multietnis Sintang, Yang Ditandai Dengan Pemukulan Bedug (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Pagelaran seni budaya multietnis di Kabupaten Sintang secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra Yosepha Hasnah, yang mewakili Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan pemukulan bedug disaksikan oleh para tamu undangan dan penonton yang memadati Gedung Olahraga Apang Semangai, Kamis (14/12) malam.

Dalam pagelaran seni budaya multietnis tersebut diikuti dari berbagai jenis seni budaya, adat budaya Sunda, Melayu, Dayak, Jawa, Manado, NTT, Padang, Tionghoa, dan berbagai etnis budaya yang ada di Kabupaten Sintang lainnya, juga para peserta menampilkan beberapa tarian maupun lagu-lagu daerah khas budayanya masing-masing.

Dalam sambutannya, Sekda Yosepha mengatakan bahwa pagelaran seni budaya multietnis ini merupakan kegiatan untuk mempersatukan berbagai etnis budaya yang ada di Kabupaten Sintang.

“Ini kegiatan yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat, selain kemeriahannya didalam budaya, kegiatan pagelaran seni budaya multietnis ini juga untuk mempertahankan seni budaya yang ada di daerah kita yaitu Kabupaten Sintang,” kata Sekda.

Sekda mengungkapkan kalau pagelaran seni budaya ini juga dapat menggali potensi yang ada.

“Kita lihat para penari menampilkan tariannya dari berbagai jenis suku budaya yang ada di Kabupaten Sintang ini semua untuk menggali potensi yang ada di Kabupaten Sintang,” ungkapnya.

Menurutnya kegiatan seperti ini juga dapat menjadi suatu hiburan bagi masyarakat Kabupaten Sintang.

“Tentu masyarakat berbondong-bondong ramai datang untuk menyaksikan pagelaran multietnis ini, sehingga dapat mengharmonisasikan suasana agar lebih dekat antara berbagai jenis etnis di Kabupaten Sintang, dan akan terciptanya rasa suasana yang damai, hingga dapat bersama-sama membangun Kabupaten Sintang dengan baik,” tuturnya.

“Event seperti ini patut kita kembangkan, kedepannya kegiatan seperti ini akan kita buatkan dan akan dilaksanakan setiap tahunnya,” tambah Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Hendrika menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas dasar untuk saling bersilaturahmi.

“Jadi kita buat sebuah event pagelaran seni budaya multietnis ini untuk semakin mempererat rasa persaudaraan diantara masyarakat Kabupaten Sintang yang memiliki beragam jenis budaya dan seninya,” tukas Hendrika. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar