Wabup Sambas: DWP Yang Professional Akan Perkuat Peran Perempuan Dalam Pembangunan Bangsa

KalbarOnline, Sambas – Dharma Wanita Persatuan sebagai organisasi masyarakat diharapkan menjadi organisasi yang profesional. Ditegaskan Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah, SH., MH, saat menghadiri Perayaan Ulang Tahun DWP Kab Sambas ke-18 Tahun 2017 di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Selasa (12/12), DWP yang profesional akan memperkuat peran serta perempuan dalam pembangunan bangsa.

“DWP sebagai wadah persatuan istri ASN Republik Indonesia, harus menyadari sepenuhnya kewajiban untuk mensukseskan tujuan nasional yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur secara merata. Serta berkeseimbangan antara material dan spiritual,” tutur Wabup.

Guna mewujudkan itu. kata Hairiah. diawali dengan adanya kemauan. Selain itu, faktor lain adalah kemampuan meningkatkan kualitas sumber daya yang dimiliki guna menghadapi tuntutan dan tantangan kehidupan baik era reformasi dan globalisasi.

“Dengan menyertakan isteri-isteri ASN dalam proses pembangunan nasional dan pembangunan daerah melalui wadah ASN, insya Allah akan memberikan dukungan untuk pembangunan bangsa,” ujar dia.

Baca Juga :  Nongkrong di Kawasan Dalam Kaum, Sutarmidji Ngopi Bareng Pangeran Sambas

Hal tersebut, jelasnya, tidak hanya sebatas suatu tindakan prikemanusian yang adil, melainkan DWP diharapkan mampu memotori penyelesaian permasalahan wanita di Indonesia. DWP pinta Hairiah juga harus hadir dalam mendorong wanita Sambas terlibat dalam semua aspek pembangunan.

“Menyikapi permasalahan bangsa dewasa ini, DWP harus selalu dinamis, masukan dari pemerintah daerah DWP bisa melakukan perubahan mendasar, tujuannya agar DWP menjadi organisasi yang netral, mandiri dalam menentukan visi dan misi, demokratis, menjadi bagian dari inisiator persatuan dan kesatuan bangsa, serta mampu meningkatkan kualitas sumber daya untuk kesejahteraan anggota dan keluarga,” ingat Wabup.

Sementara, Ketua DWP Sambas, Hj Mintosih Uray Tajudin mengungkapkan sebagai organisasi masyarakat perempuan yang besar di Indonesia, DWP memiliki peluang mengambil peran strategis dan berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Baca Juga :  Kasatlantas: Penerapan Sistem Tilang CCTV Perlu Persiapan

Kata dia, potensi DWP mulai dari tingkat pusat, propinsi, kabupaten kota, hingga ke tingkat kelurahan dan desa.

“Ini merupakan potensi kekuatan yang besar, patut diperhitungkan untuk memberikan kontribusi penuh dalam menyukseskan program nasional,” ujar dia.

Dijelaskan Istri Sekda Sambas ini, pentingnya peran strategis perempuan dalam aspek pembangunan semakin meningkat, perempuan sebut dia bisa mengaktualisasikan dirinya dalam banyak hal sesuai dengan program prioritas yang ditetapkan dalam tiga hal. Yaitu pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

“Kontribusi DWP dalam turut serta menyelesaikan masalah bangsa, telah masuk dalam program prioritas yang telah ditetapkan bersama. Yaitu pembinaan pendidikan keluarga dilingkungan DWP dan masyarakat, pemberdayaan eknomi produktif dan kreatif bagi anggota dan masyarakat serta implementasi gerakan masyarakat hidup sehat atau germas,” papar Mintosih. (Mur/Hms)

Comment