Kenaikan Harga LPG Non Subsidi 12 Kg Jadi Penyebab Sulitnya Peroleh LPG 3 Kg

LPG 3 Kg alami peningkatan harga, Pemkab imbau pedagang tak manfaatkan kondisi

KalbarOnline, Sekadau – Belakangan ini, masyarakat mulai kesulitan mendapatkan gas LPG 3 kilogram. Ditingkat pengecer, kenaikan harga LPG juga dirasakan masyarakat yang biasanya dibeli seharga Rp24 ribu per tabung LPG 3 kilogram, kini sudah mencapai Rp26 ribu hingga Rp27 ribu rupiah.

Salah seorang warga setempat, Iskandar mengungkapkan bahwa saat ini sudah ada kenaikan harga LPG ditingkat pengecer. Biasanya, kata dia, dirinya membeli LPG 3 kilogram seharga Rp24 ribu per tabung.

“Ada kenaikan. Baru-baru ini malah harga LPG sudah mencapai Rp27 ribu per tabung 3 kilogram,” ujarnya, Selasa (12/12).

Ia berharap, kondisi tersebut segera teratasi. Paling tidak, kata dia, barang yang dibutuhkan masyarakat, seperti LPG 3 kilogram tidak sulit didapatkan dari pasarannya.

Baca Juga :  Bupati Rupinus Nobar Semifinal Inggris vs Kroasia

“Kebanyakan masyarakat kalau kenaikan harganya masih bisa dijangkau, itu tidak masalah. Asal barangnya ada,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang agen LPG, inisial R menegaskan bahwa sulitnya masyarakat mendapatkan LPG bukan karena kelangkaan. Namun, kata dia, memang ada kenaikan untuk harga pada LPG berukuran 12 kilogram.

“Sebenarnya langka tidak. Cuma istilah, intinya pas-pasan saja, peningkatan permintaan juga tidak ada,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, sejak sebulan terakhir ada kenaikan terhadap LPG non subsidi. Ia mengatakan, bahkan kenaikan harga tersebut mencapai Rp10 ribu. Sedangkan, untuk LPG ukuran 3 kilogram tetap normal atau tidak ada kenaikan.

“Cuma barangnya itu segitu saja, tidak ada penambahan. Intinya untuk di Kabupaten Sekadau tidak ada kekurangan, cuma pas-pasan saja. Seumpamanya ada halangan delivery order (DO), itu pasti ada gejolak,” ungkapnya.

Baca Juga :  Covid Usai, Namun Rute Penerbangan Pontianak - Kuching di Bandara Supadio Belum Dibuka

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Sekadau, Hironimus mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terlebih akan menghadapi natal dan tahun baru 2018 nantinya akan digelar bazar. Hal ini sebagai upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Barusan dari PT Roda Jaya Gemilang, bahwa mereka akan melaksanakan bazar LPG 3 kilogram pada 15 Desember mendatang di Pasar Baru,” kata dia.

Selain itu, Hironimus juga mengimbau para pedagang agar tidak memanfaatkan kondisi, seperti menjelang natal dan tahun baru 2018. Bila pun ada kenaikan tentunya yang masih dalam batas kewajaran.

“Bazar yang dilakukan adalah untuk membantu masyarakat, terutama yang akan menghadapi natal dan tahun baru 2018,” pungkasnya. (Mus)

Comment