Hadiri HUT Desa Merarai Dua, Bupati Ingatkan Kembali Empat Pesan Presiden Jokowi

Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya, Pada HUT Desa Merarai Dua ke-36 (Foto:Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya, Pada HUT Desa Merarai Dua ke-36 (Foto:Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno bersama Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward menghadiri peringatan HUT ke 36 Desa Merarai Dua, Kecamatan Sungai Tebelian, Sintang, Selasa (12/12).

Sebuah kue tar sederhana disajikan sebagai simbol peringatan ulang tahun desa. Suara-suara riuh bahasa Jawa yang dituturkan dengan dialek Kalimantan melantun di kerumunan masyarakat Desa Merarai dua, salah satu desa yang 36 tahun silam menjadi lokasi bagi para transmigrasi.

Perpaduan hidup terjalin secara harmoni dalam kesederhanaan acara yang menampilkan berbagai atraksi dan tarian Jawa serta Dayak pada acara tersebut.

Bahkan Bupati Sintang melengkapi simbolisasi inkulturasi budaya tersebut dengan memukul gong dari rangkaian gamelan milik masyarakat sebanyak 7 kali.

“Pada setiap kunjungan saya ke desa atau ke kampung, ada lima hal yang selalu saya ingatkan. Empat pesan bapak Presiden yang harus desa lakukan dan peningkatan ekonomi masyarakat desa melalui dana desa,” ujar Bupati kepada awak media usai kegiatan.

Orang nomor satu di Sintang itu pun memaparkan satu persatu kelima hal tersebut.

Keempat hal yang diamanakan presiden Joko Widodo meliputi, produk unggulan desa, pendirian dan pelaksanaan BUMDes, pembuatan embung untuk kerawanan karhutla dan pembangunan sarana olahraga desa.

Hal yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi desa, titik beratnya pada peningkatan daya beli masyarakat desa.

“Bagian kedua ini karena, ditengarai adanya penurunan daya beli masyarakat desa, pak Presiden ingin dana-dana desa yang disalurkan oleh pusat harus dapat segera diserap masyarakat. Kita juga diingatkan untuk meningkatkan kembali pekerjaan padat karya di tengah masyarakat desa, sekaligus menghidupkan kembali gotong royong. Hal ini untuk menambah jumlah uang yang beredar di desa, jadi daya beli masyarakat desa kita ini juga meningkat,” tukasnya.

Saat ditanya mengenai pembangunan insfrastruktur, Bupati Sintang mengatakan bahwa pembangunan akan terus dilanjutkan secara bertahap dan terus menerus hingga tercapai keadaan yang diinginkan semua pihak.

“Soal pembangunan insfrastruktur, akan terus kita bangun agar ekonomi kita di desa juga semakin meningkat geliatnya,” tutur Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward juga mengungkapkan bahwa pembangunan di desa seperti pendirian gedung serbaguna desa merupakan hal yang seyogyanya dapat dilakukan bersama baik oleh aparatur pemerintah dan masyarakat.

“Kita harap masyarakat dapat bersabar dengan pembangunan yang ada, karna hal ini tidak semudah membalik telapak tangan. Kita bangun secara bertahap, mudah-mudahan apa yang sudah dibangun dapat dipelihara oleh masyarakat dan bisa dikelola dengan baik,” tuturnya.

“Harapan saya dengan usia 36 tahun ini tentu masyarakat dapatlah semakin bergotong royong untuk membangun desa. Saya harap bisa semakin mandirilah, jangan hanya berharap kepada pemerintah saja,” harapnya.

Sementara, Kepala Desa Merarai Dua, Budi Baskoro menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para tamu undangan dan juga atas kehadiran Bupati beserta Ketua DPRD Sintang pada acara ini.

Pada sambutannya, Budi menyampaikan berbagai pembangunan yang sudah dikerjakan pada tahun 2017 dan yang direncanakan pada tahun 2018 mendatang.

“Kami berharap bisa menjadi desa yang banyak kebunnya dengan tetap menjadi petani yang menghasilkan padi, buah-buahan seperti pisang, kelapa dan sayur-mayur. Kami juga berharap pemerintah masih akan membantu kami dibeberapa pembangunan yang skalanya cukup besar untuk kami lakukan secara swadaya,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten umum Setda Sintang, Marchues Afen, Plt Kadis Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa serta Camat dan forkopimcam Sungai Tebelian. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar