Bupati Sintang Resmikan Kantor Desa Teluk Harapan dan Ramah Tamah Bersama Masyarakat

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno, melakukan pertemuan dan ramah tamah bersama masyarakat Desa Teluk Harapan, Kecamatan Serawai, Jumat (8/12) lalu.

Dalam acara tersebut, Bupati Sintang juga meresmikan Kantor Desa dan Balai Desa Teluk Harapan, Kecamatan Serawai.

Dalam arahannya, Bupati Jarot mengatakan kedatangannya bersama rombongan ke Desa Teluk Harapan dengan menyusuri Sungai Serawai menggunakan speed ini bertujuan untuk menyamakan persepsi masyarakat tentang pembangunan di Kabupaten Sintang.

Selain Meresmikan Kantor Desa Teluk Harapan, Bupati Sintang, Jarot Winarno, Juga Melakukan Ramah Tamah Bersama Masyarakat Setempat (Foto: Sg/Hms)
Selain Meresmikan Kantor Desa Teluk Harapan, Bupati Sintang, Jarot Winarno, Juga Melakukan Ramah Tamah Bersama Masyarakat Setempat (Foto: Sg/Hms)

“Ini kita sebut juga rembug dalam Serawai, kita datang ini untuk menyamakan persepsi bagaimana sebuah daerah desa yang berada di pesisir Sungai Serawai ini pembangunannya tidak ketinggalan dari daerah lain, dan ingin memberikan rasa keadilan bagi masyarakat dalam hal pembangunannya, agar menjadikan daerah kita ini untuk lebih maju lagi,” tutur Bupati Jarot.

Bupati menyampaikan pesan Presiden Republik Indonesia melalui Kementrian Desa dihadapan masyarakat mengenai tingkatan pelaksanaan anggaran dana desa.

“Jadi anggaran dana desa ini merupakan penentuan kualitas hidup manusia di desa, karena komitmen kita ingin membangun wilayah dari pinggiran, maksudnya membangun daerah yang masuk dalam kategori 3T, kemudian kita membangun dari desa,” ungkapnya.

Baca Juga :  Hadiri Rapat Kerja Gubernur Kalbar, Ini Yang Disampaikan Bupati Sintang

Selain itu, ia juga menjelaskan empat pesan Presiden RI kalau setiap desa ingin maju.

“Pertama kita harus punya yang namanya produk unggulan desa atau Prudes jadi produk unggulan yang ada di desa kita promosikan demi kesejahteraan masyarakat di desa kita, yang kedua harus ada BUMdes, ketiga didesa harus membuat embung atau saluran irigasi air, dan yang keempat adalah sarana olahraga desa yang berguna untuk sarana rekreasi masyarakat, seperti buat lapangan bola, lapangan bola volly,” paparnya.

Bupati juga mengingatkan satu hal kepada masyarakat bahwa Pemerintah untuk 3 tahun berikutnya sesuai dengan RPJMD yang ditopang dengan Prime Mover membangun Sintang dengan jargon “JAKARTA SELATAN” yakni ‘jalan karet tanaman pangan sekolah dan kesehatan.

“Saya ingin kita semua memiliki satu pemikiran untuk mensejahterakan masyarakat, yaitu kita punya harapan untuk membangun jalan, jangan menjual kebun karet, dan yang paling penting adalah sebagian dari produk unggulan desa kita adalah kopi robusta,” tukas Bupati.

Baca Juga :  Raih Juara di Kompetisi Nasional, Skater Pontianak Sebut Ini Tak Terlepas Dari Peran Sutarmidji

Sementara itu, Kepala Desa Teluk Harapan, Krispina Deta menyampaikan bahwa kedatangan Bupati beserta rombongan ke wilayah pesisir Sungai Serawai ini dapat menyerap aspirasi masyarakat.

“Jadi kami ucapkan selamat datang kepada bapak Bupati Sintang, kami bangga karena dapat melihat langsung bagaimana kondisi di Desa Teluk Harapan ini,” kata Krispina.

Krispina mengungkapkan bahwa selain kegiatan ramah tamah dengan Bupati Sintang dan rombongan, kegiatan pada saat ini juga dalam rangka peresmian kantor desa, balai desa, dan penanaman pohon kopi robusta.

“Yang memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada bidang Pemerintahan desa Teluk Harapan ini, kemudian penanaman pohon kopi untuk dapat mensejahterakan perkonomian masyarakat di desa ini,” ungkapnya.

“Kami berharap agar Pemerintah membantu kami untuk fokus kepada peningkatan ekonomi masyarakat karena menurut kami semua berfikir ke depan dengan penyesuaian dana pembangunan yang memadai dapat membantu kesejahteraan masyarakat,” tandas Krispina. (Sg/Hms)

Comment