Antisipasi Krisis Pangan, Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Sintang Gelar Pertemuan

Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Menghadiri Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Sintang Tahun 2017 (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Menghadiri Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Sintang Tahun 2017 (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Sintang menggelar rapat koordinasi, yang dilaksanakan di Ruang Balai Praja Kantor Bupati Sintang, yang dihadiri langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno, Selasa (12/12).

Bupati Jarot dalam sambutannya menyatakan bahwa dengan jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2017 ini mencapai sebanyak 262 juta jiwa, serta jumlah laju pertumbuhan penduduk sekitar 1,7 persen pertahun, sedang menghadapi potensi krisis pangan.

Salah satu penyebabnya adalah terus menurunnya laju perekonomian sedangkan jumlah penduduk yang terus mengalami peningkatan.

“Dengan kondisi ini Pemerintah Kabupaten Sintang harus berperan optimal memberikan sumbangan dalam mengatasi potensi krisis pangan, karena merupakan salah satu visi pemerintah daerah hingga tahun 2021, guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ujar Bupati.

“Jumlah penduduk Kabupaten Sintang berjumlah sekitar 402 ribu jiwa saat ini dan masih terdapat sekitar 11 persen masyarakatnya berkehidupan dibawah garis kemiskinan, sehingga kebijakan ketahanan pangan di Kabupaten Sintang harus dilakukan secara maksimal. Dalam mewujudkan ketahanan pangan yang mandiri dan berkelanjutan perlu didukung dengan penyelenggaraan penyuluhan dan pendampingan yang harus bersinergi dengan Dinas pertanian bersama para penyuluh,” timpal Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang, Zulkarnaen dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan dan sasaran rakor Dewan Katahanan Pangan ini, membahas tentang isu-isu ketahanan pangan dan gizi, membuat rumusan kebijakan serta memberikan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Sintang.

“Dengan harapan terkoordinasinya rencana aksi pembangunan Ketahanan pangan dan Gizi tahun 2017 hingga 2020 antar instasi terkait di Kabupaten Sintang,” ujarnya.

Rakor tersebut juga dihadiri Sekretaris Kabupaten Sintang selaku Ketua Harian Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Sintang, Dra Yosepha Hasnah, M.Si. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar