LPG 3 Kg Langka di Kapuas Hulu, Harga Melonjak

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Hampir satu bulan, Gas LPG 3 kg subsidi di Kabupaten Kapuas Hulu mengalami kelakangan. Bahkan, ibu- ibu rumah tangga sudah resah dengan kurangnya pasokan gas ukuran 3 kg.

Hampir setiap warung atau pengecer tidak ada menjual tabung gas yang sudah terisi. Dan kalaupun ada, mereka harus keliling toko yang memerlukan waktu setengah jam atau berjam-jam barulah mendapat gas 3 kg, itupun harga yang sangat tinggi.

Seperti yang dituturkan pak Yusuf saat membeli gas 3 kg. Dirinya harus mendatangi puluhan toko yang ada di Kota Putussibau Utara, guna mencari gas LPG 3 Kg, itupun tak dapat. Setelah dia mencari di toko yang berada di Putussibau Selatan yang jaraknya kurang lebih 5 km dari rumahnya, barulah dirinya mendapatkan gs tersebut.

Baca Juga :  Serukan Masyarakat Semitau Dukung dan Menangkan Midji – Norsan, AM Nasir: Demi Terwujudnya Kalbar Baru

“Itupun dengan harga Rp35.000,” tutur Yusup.

Sementara itu, Apeng dan Ibu Broto, pengecer gas 3 Kg mengaku sudah hampir sepekan tidak menjual LPG 3 Kg ini, karena susah mendapatkannya.

“Jika ada, harganya terlalu mahal sehingga susah menjualnya yaitu bekisar Rp35.000 – Rp40.000,” ungkapnya.

Terpisah, Kapolres Kapuas Hulu melalui Kabag Ops, telah melakukan rajia di berbagai tempat guna mengantisipasi terjadinya penimbunan. Namun tak satupun ditemukan di gudang- gudang tempat penyimpanan gas LPG 3 Kg yang sudah terisi gas.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Kembali Berlakukan Negatif PCR Bagi Santri yang Akan Kembali

“Semua kosong,” tutur kompol Joko S.

Kelangkaan ini disebabkan dari Pertamina cabang Sintang, lantaran setiap agen diberikan jatah setengah dari biasa, karena LPG 3 Kg subsidi pemerintah akan dikurangi.

Sehingga dalam waktu dekat akan dipasarkan gas non subsidi, mengingat gas LPG 3 kg saat ini, khusus untuk masyarakat miskin. (Ishaq)

Comment