Wujudkan Sintang Terang 100 Persen Listrik Prabayar, Bupati Tandatangani MoU Bersama PLN

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno, secara simbolis meresmikan listrik Desa Sungai Tapang, kegiatan dilangsungkan di halaman depan Kantor Desa Sungai Tapang, Kecamatan Dedai, Selasa (5/12).

Turut dihadiri General Manager PLN Wilayah Kalimantan Barat, General Manager PLN Area Sanggau, Anggota DPRD Kabupaten Sintang Komisi A.

Pada peresmian tersebut juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PLN Area Sanggau dengan Pemerintah Kabupaten Sintang tentang program “Sintang Terang 100% Listrik Prabayar” yang ditandatangani oleh Bupati Sintang dan General Manager PLN Area Sanggau dengan disaksikan oleh General Manajer PLN Wilayah Kalimantan Barat.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sintang terang 2019, Pemerintah Kabupaten Sintang telah mempersiapkan RPJMD dengan ditopang oleh 6 program penggerak utama pembangunan.

“Salah satu didalam prime mover Pemerintah Kabupaten Sintang ini adalah percepatan listrik masuk desa, ini merupakan salah satu langkah Pemerintah Kabupaten Sintang untuk memerdekakan masyarakat di desa dalam hal penerangan di desa,” kata Bupati.

Jarot menjelaskan jumlah desa di Kabupaten Sintang sebanyak 391 Desa dengan 16 Kelurahan.

“Jadi kalau desa yang ada di Kabupaten Sintang baru 36% saja yang di desanya itu sudah teraliri oleh listrik dari PLN, sisanya merupakan bantuan masyarakat sipil yang membangun mesin sendiri seperti membuat PLTS dan dari PLTA sendiri dan ada yang belum memiliki listrik di desa,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Fokuskan Pembangunan Infrastruktur Jalan Tahun Depan

Bupati juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang berkomitmen untuk bertindak adil kepada masyarakat.

“Kita ingin asas keadilan itu ada, jadi desa-desa induk, desa-desa lama, desa-desa asli itu didahulukan untuk kebutuhan listriknya, kemudian yang desa yang ditepian kota Sintang seperti Desa Mungguk Bantok, Desa Mail Jampong dan beberapa desa lagi yang belum masuk listrik PLN itu nanti kita prioritaskan,” tukas Bupati.

Lebih lanjut Bupati menerangkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang bersama PLN memiliki tujuan yang sama yaitu ingin memenuhi rasa kemerdekaan kepada masyarakat yang belum teraliri listrik.

“Kami selalu bersama-sama bahu membahu untuk membangun listrik di desa-desa yang belum ada listrik PLN untuk di Kabupaten Sintang,” tutur Bupati.

Sementara, General Manajer PLN Area Sanggau, Didi Kurniawan Abuhari mengatakan bahwa listrik di Desa Sungai Tapang ini bertegangan 20.000 volt.

“Kami dari PLN pada tahun 2017 ini membangun jaringan PLN dengan tegangan menengah, sebesar 20.000 volt, dengan jarak 3.9 km,” kata Didi.

Didi menjelaskan bahwa ditahun 2017 dari PLN area Sanggau membangun listrik untuk di Kabupaten Sintang sebanyak 3 desa.

Baca Juga :  Billboard Cagub Kalbar Ini Tak Kunjung Ditertibkan, Terkesan Ada Pembiaran oleh Bawaslu dan KPU

“Pertama kami bangun di Desa Sungai Tapang dan pada hari ini bisa kita gunakan dan dinyalakan listriknya, kemudian Desa Sungai Mali dan Desa Riguk sudah siap dari konstruksinya tinggal kami nyalakan secepatnya pada Desember 2017 ini,” jelas Didi.

Didi juga menjelaskan bahwa berdasarkan data dari PLN Area Sanggau pada Kabupaten Sintang ada 332 listrik Desa.

“Ada 169 Desa sudah dialiri listrik PLN, kemudian ada 36 Desa yang dialiri listrik non PLN, dan ada 127 desa yang belum berlistrik, dan kami dari PLN area Sanggau menargetkan pada tahun 2018 seluruh desa yang ada di Kabupaten Sintang bahkan Provinsi Kalbar bisa teraliri listrik dengan 100%,” optimisnya.

“Kami dari PLN Area Sanggau sangat bangga bisa mengaliri listrik di Desa Sungai Tapang ini, karena dengan adanya listrik bisa memajukan perekonomian masyarakat, dan untuk dapat memajukan bangsa,” ungkap Didi.

Sementara itu, Camat Dedai, Subendi mengatakan bahwa di Kecamatan Dedai banyak desa yang belum teraliri oleh jaringan listrik PLN.

“Untuk di Kecamatan Dedai masih banyak desa yang belum teraliri oleh listrik, sehingga kami berharap PLN dapat mengaliri jaringan listrik ke seluruh desa yang ada di Kecamatan Dedai,” harap Subendi. (Sg)

Comment