Tiga Puskesmas Sekadau Akan Diakreditasi

KalbarOnline, Sekadau – Sebanyak 3 (tiga) Puskesmas di Kabupaten Sekadau akan mendapat penilaian dari tim Akreditasi Surveyor Kemenkes RI dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Sekadau melalui Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes), Sandi Nuryadi menagatakan bahwa akreditasi ini sangat penting untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat baik itu didalam gedung maupun luar gedung.

“Dari 12 puskesmas, ditahun 2017 ini pihaknya roadmap di 3 puskesmas yaitu puskesmas Selalong (akreditasi Madya), puskesmas Sekadau Hilir dan Puskesmas nanga taman sedang dinilai surveyor oleh tim Kemenkes RI,” ujarnya, Kamis (30/11).

Menurut Sandi, pada tahun 2019 harus selesai harus terakreditasi semua ditingkat FKTP (fasilitas kesehatan tingkat pertama/puskesmas).

“Target kita ditahun 2018 ada 5 Puskesmas diantaranya Puskesmas Simpang Empat, Nanga Mahap, Rawak, Belitang, dan Balai Sepuak. Dan untuk 2019 nanti akan dilakukan penilaian kepada puskesmas SP3 Trans Sekadau, Puskesmas Sungai Ayak,Puskesmas Tapang Perodah, dan Puskesmas Sebetung Belitang Hulu,” jelasnya.

Baca Juga :  Hari Kedua Lomba Sampan Bidar FSBM Kalbar XII, Polres Sekadau Kembali Terjunkan Personel Pengamanan

Dikatakan Sandi, untuk memenuhi kebutuhan sebelum akreditasi puskesmas supaya menyiapkan persiapan dari tahap pemahaman dokumen, implementasi, salfe assesmen, dan sampai pada tahap akreditasi.

“Dan kami bagian dari Tim pendamping akreditasi kabupaten, Sehingga akreditasi merupakan suatu kebutuhan yang mau tidak mau menjadi target kerja dibidang kesehatan. Dan kegiatan akreditasi ini juga sangat perlu dukungan semua pihak baik lintas program lintas sektor dan terlebih adalah legislator terutama dalam mendukung peningkatan sarana kesehatan,” ungkapnya.

Ketua Tim Surveyor, Liliosa mengatakan, bahwa Tim surveyor akreditasi ini melaksanakan kegiatan selama 3 (tiga) hari.

“Kita bekerja dimulai dari pemeriksaan dokumen perencanaan, cek dokumen, fasilitas sarana kesehatan, kemampuan tenaga medis dan nonmedis terhadap pemberian pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sampai kerjasama dengan lintas sektoral di tingkat Puskesmas misalnya bagaimana puskesma bekerja sama dengan pemerintah desa, kader posyandu, dan lainnya diwilayah kerjanya masing-masing,” bebernya.

Baca Juga :  Midji – Norsan Komitmen Lakukan Pemerataan Lapangan Kerja

Mengenai hasil, kata dia, tergantung dari tim surveyor dan komisi akreditasi FKTP Kemenkes RI.

“Untuk kategori Akreditasi kita berikan tipe Dasar, Madya, Utama, dan penilain yang tertinggi adalah paripurna. Semoga dengan adanya penilaian pelayanan kesehatan ini bisa benar-benar lebih bersemangat lagi untuk membuat masyarakat merasakan arti dari pelayanan kesehatan yang diberikan,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Sekadau Rupinus mengatakan,dirinya sangat mendukung dengan adanya akreditasi ini, karena ini bagian dari visi misinya dibidang kesehatan.

“Saya berharap pada dinas kesehatan yang menjadi pihak teknis yang berkaitan bisa menyiapkan segala hal. Dan dengan akreditasi ini masyarakat memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada di Sekadau, supaya masyarakat kita sehat baik jasmani dan rohaninya,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan itu adalah Bupati, Camat Sekadau Hilir, Dinas Kesehatan, Danramil, staf di Puskesmas Sekadau Hilir. (Mus)

Comment