Sekda Sintang Buka Seleksi JPT Pratama, 31 Pejabat Bersaing Ketat

KalbarOnline, Sintang – Seleksi terbuka ini merupakan pengejawantahan komitmen Pemerintah Kabupaten Sintang dalam membangun struktur SDM Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mempunyai kompetensi dan integritas untuk melaksanakan tata kelola pemerintahan yang amanah dan efektif di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang sesuai dengan Frame Mover Pemerintah Kabupaten Sintang yang keenam.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah saat membuka Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemkab Sintang, di aula BKPSDM, Senin (27/11).

“Saya mengajak peserta untuk turut serta melakukan upaya-upaya atau terobosan-terobosan baru, demi tersedianya sumber daya masyarakat yang berkualitas. Hal ini penting, karena jika tanpa dimilikinya manusia yang berkualitas, maka berbagai kegiatan pembangunan akan sulit memenuhi sasaran yang ingin dicapai, apalagi jika dilihat dari kondisi sumber daya manusia di daerah kita yang relatif masih terbatas kualitasnya, maka mau tidak mau kita harus berbuat demi tersedianya masyakarat kita yang berkualitas,” pesan Yosepha Hasnah.

“Saya ingatkan kepada peserta lelang bahwa untuk menduduki jabatan struktural khususnya kepala dinas bukan karena saudara senior dalam kepangkatan atau masa kerja, namun yang lebih penting adalah profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sehingga memang saudara layak untuk dipilih dalam jabatan dimaksud. Seleksi terbuka untuk memperoleh pejabat yang terbaik dari yang baik yang ada saat ini,” tambah Yosepha.

Menurut Sekda, ada tiga jabatan memerlukan pribadi yang unik, yaitu:  pribadi yang bernilai (personal mastery), pribadi yang berkontribusi bagi Pemerintah Kabupaten Sintang (personal contribution), pribadi yang tidak bergantung pada satu kemampuan saja (personal multiplenership), pribadi yang terus belajar (personal learning), pribadi yang antusias (personal enthuisty), seorang yang mampu bekerja bersama tim (team mentality), seorang yang memiliki kemampuan pengendalian emosional yang baik (emotional mastery).

Baca Juga :  Murni Tindakan Kriminal, Korban Penganiayaan di Pal 3 Dikarenakan Ini, Bukan Teror Pilkada

Amanat Undang-undang nomor 5 tahun 2014 disebutkan untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi wajib dilakukan secara terbuka dan harus memenuhi standar yang dipersyaratkan diantaranya meliputi kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan lain yang diperlukan, sehingga dapat dimanfaatkan oleh pemegang kebijakan kepegawaian sebagai bahan pertimbangan pembinaan dan pengembangan aparatur sipil di Kabupaten Sintang.

Pada seleksi terbuka ini ada beberapa kompetensi yang akan diujikan kepada peserta, antara lain kompetensi manajerial yang akan dilakukan oleh tim assessment serta kompetensi teknis/bidang yang akan dilakukan oleh panitia seleksi, baik tertulis maupun tidak tertulis.

Sementara Kabid Data dan Pengembangan Pegawai, BKPSDM Sintang, Agustinus menjelaskan bahwa Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara khususnya pasal 108 ayat 3 menyatakan pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif dikalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, kependidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan jabatan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Sasaran yang hendak dicapai dalam seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, adalah untuk memperoleh pejabat pimpinan tinggi pratama yang memiliki kompetensi sesuai dengan standar yang dipersyaratkan seperti kompetensi manajerial yang diuji dengan psikotest, wawancara kompetensi, kuestioner kompetensi. Tim penguji juga akan meminta setiap peserta menulis, presentasi, analisis kasus, leadership group discution. Tim juga akan melihat kompetensi teknis/bidang yang diuji dengan seleksi administrasi, penulisan makalah, wawancara dan rekam jejak,” terang Agustinus.

Baca Juga :  Hadiri Penyerahan SK Perubahan Status SDN 44 Sungai Segak, Ini Kata Wabup Askiman

“Peserta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah Kabupaten Sintang yang mendaftar sebanyak 31 orang dari 45 pejabat struktural eselon III.a di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang yang memenuhi syarat, yang telah diseleksi administrasi dan telah dinyatakan lulus oleh panitia seleksi. Seleksi terbuka akan dilaksanakan selama 4 hari. Penyelenggaraannya dimulai pada hari Senin tanggal 27 – 30 November 2017 di Aula BKPSDM Kabupaten Sintang,” terang Agustinus.

“Diharapkan hasil penilaian dapat disampaikan oleh tim persona/tim pansel dalam waktu yang tidak terlalu lama mengingat 3 (tiga) jabatan Kepala Dinas Kabupaten Sintang yang lowong, yakni dinas perpustakaan dan kearsipan sejak 1 januari 2017, dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa dan dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman mulai 1 desember 2017, selanjutnya 4 (empat) dari masing-masing yang mendaftar di 3 (tiga) jabatan yang masuk sebagai nominasi selanjutnya akan diseleksi oleh komisi aparatur sipil negara di Jakarta. Kiranya hasil penilaian kompentensi ini, dapat menjadi salah satu pertimbangan dari Bapak Bupati Sintang dalam melakukan wawancara guna untuk memilih 3 (tiga) calon yang direkomendasikan untuk menjabat di 3 (tiga) SKPD tersebut,” harap Agustinus. (Sg/Hms)

Comment