Sutarmidji Targetkan Rusun Harapan Jaya Awal 2018 Rampung

Prioritaskan warga yang terkena dampak pembersihan saluran Parit Tokaya

KalbarOnline, Pontianak – Tidak lama lagi, warga Pontianak sudah dapat menempati rumah susun (rusun) di Jalan Harapan Jaya Kota Baru.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menargetkan dalam tempo dua hingga tiga bulan kedepan pembangunan rusun itu selesai.

“Untuk ukuran rusun itu masing-masing hampir sekitar 24 meter persegi dengan daya tampung 180 kepala keluarga,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa warga yang diprioritaskan untuk menempati rusun adalah mereka yang terkena dampak pembersihan saluran Parit Tokaya seperti di Gang Dungun Kelurahan Parit Tokaya Kecamatan Pontianak Selatan.

Baca Juga :  Maju Pilkada Mempawah 2018, Mochrizal Akui Sudah Layangkan Surat Pengunduran Diri Sebagai ASN

“Warga Gang Dungun yang rumahnya sudah masuk dalam batas parit, kita relokasi disana. Beberapa lokasi lainnya yang terkena pembangunan juga akan direlokasi ke rusun, termasuk yang di pinggir sungai,” paparnya.

Dalam menempatkan penghuni rusun, kata dia, ada yang dengan mendaftarkan diri dan ada pula yang difasilitasi Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak.

Misalnya, mereka yang terkena dampak pembangunan drainase atau yang lainnya, termasuk tawaran kepada para guru yang masih menempati rumah di komplek-komplek sekolah untuk menempati rusun yang ada di Harapan Jaya.

Baca Juga :  Sambut Operasional Bandara Tebelian, Wings Air Jadi Maskapai Pertama yang Mendarat dan Lepas Landas

Sebab menurutnya, untuk wilayah perkotaan seperti ini sudah tidak cocok lagi ada rumah dinas guru.

Meski demikian, menurutnya, kurang ideal bagi seorang guru untuk menempati rusun karena dirinya yakin mereka masih mampu untuk mengambil kredit rumah di komplek perumahan yang tersedia.

“Rumah di komplek sekolah sudah tidak boleh lagi sebab kita perlu lahan yang luas untuk area bermain anak,” tandasnya. (Jim)

Comment