Tak Ingin Budaya Pudar, Warga Banjar Serasan Gelar Robo-robo

Maknai Nilai Positif dalam Budaya Robo-robo

KalbarOnline, Pontianak – Ratusan warga di Kelurahan Banjar Serasan, Kecamatan Pontianak Timur duduk saprahan memanjang di sepanjang Jalan Tanjung Harapan. Duduk saling berhadapan dua sisi, tersaji di hadapan mereka berbagai penganan khas Pontianak. Acara bertajuk ‘Saprahan Ketupat’ ini digelar warga dalam rangka robo-robo, Rabu (15/11).

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono hadir dalam kegiatan yang digelar atas inisiatif warga Kelurahan Banjar Serasan. Ia mengapresiasi antusiasme masyarakat di sepanjang Jalan Tanjung Harapan ini dan mendukung kegiatan robo-robo ini sebagai salah satu hal yang berdampak positif untuk mempererat tali silaturrahmi dan kebersamaan antar warga sekitar.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Minta Jamaah Calon Haji Kalbar Jaga Kesehatan

“Ini merupakan inisiatif warga dengan sukarela menyediakan makanan masing-masing yang dibawa dari rumah kemudian disajikan di sepanjang jalan serta dimakan bersama-sama,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini memiliki nilai manfaat bagi masyarakat dan lingkungannya, tidak hanya dari sisi fisik tetapi juga terkandung nilai-nilai budaya, keakraban, semangat dan kebersamaan.

“Mudah-mudahan warga bersama aparatur kelurahan maupun kecamatan bisa saling mendukung dalam kegiatan positif seperti ini,” sebutnya.

Sementara Ketua Panitia Saprahan Ketupat, Asmi mengaku, peringatan robo-robo di lingkungannya ini sebenarnya sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu. Namun baru sekarang terkoordinir sehingga lebih kompak dan seragam serta ramai.

Baca Juga :  Ribuan Masyarakat Berbagai Elemen Hadir Open House, Sutarmidji: Wujud Kebersamaan Kalbar

“Ini budaya yang harus kita lestarikan. Tahun depan mudah-mudahan lebih bagus dan meriah dari sekarang,” tuturnya.

Dalam kegiatan robo-robo atau saprahan ketupat ini, lanjutnya, ada nilai-nilai positif yang terkandung di dalamnya terlepas dari historisnya. Dahulu, orang-orang tua memasak makanan kemudian mengundang saudara-saudara serta tetangga dengan berbagi makanan bersama-sama. Sebelum maka, didahului dengan membaca doa bersama-sama.

“Jadi ada nilai positif dan religiusnya. Maka budaya ini harus kita tingkatkan dan kembangkan, jangan sampai pudar ditelan zaman,” tandasnya. (Fat/Jim Hms)

Comment