Lagi, Pemkot Pontianak Dianugerahi Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017 oleh IIPG

Pemerintah Daerah Dengan Kinerja dan Tata Kelola Sangat Baik

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota Pontianak kembali meraih penghargaan atas komitmen melakukan terobosan dan inovasi serta kinerja dan tata kelola yang sangat baik.

Penghargaan kali ini merupakan penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2017 yang diterima langsung oleh Wali Kota Pontianak, Sutarmidji.

Penghargaan dari Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI ke-11, Prof Dr H Boediono, B.Sc., M.Ec dan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo di Graha CIMB, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Jum’at (10/11) malam.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji Saat Menerima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017, Yang Diserahkan Oleh Wakil Presiden RI ke-11, Boediono (Foto: BM)
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji Saat Menerima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017, Yang Diserahkan Oleh Wakil Presiden RI ke-11, Boediono (Foto: BM)

Ketua IIPG, Sigit Pramono menjelaskan bahwa penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2017, sebagai bentuk apresiasi terhadap mereka yang bekerja dengan terobosan dan inovasi. Aspek penilaian mencakup tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan dan juga anti korupsi.

Baca Juga :  UMKM Gunakan Media Online, Gus Jazil: Lebih Cepat, Efisien, dan Aman

Tim penilai merupakan Tim Independen yang menyaring dari 538 daerah di Indonesia. Diawali survei lapangan dan data laporan keuangan daerah, penetapan APBD tepat waktu hingga inovasi yang dilakukan Kepala Daerah bagi kemajuan daerahnya.

Dua aspek yang menjadi penilaian IIPG dalam memberikan penghargaan adalah performance (pertumbuhan ekonomi, pengembangan manusia, dan breaktrough result) dan governance (tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, dan antikorupsi).

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Foto Bersama Mendagri, Tjahjo Kumolo, Usai Menerima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017 (Foto: BM)
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Foto Bersama Mendagri, Tjahjo Kumolo, Usai Menerima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017 (Foto: BM)

IIPG telah melakukan penilaian kinerja dan tata kelola pemerintahan sejumlah 34 pemprov, 416 pemkab, dan 98 pemkot di Indonesia. Sebanyak 53 pemerintah daerah mendapat penghargaan dengan kinerja dan tata kelola yang baik. Persentase penilaian; Inovasi 35%, Tata Kelola Pemerintahan 30%, SDM 20% dan pertumbuhan ekonomi 15%.

Baca Juga :  Soal Kapuas Raya, Cornelis dan Milton Kembali Panas

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji berharap agar kedepannya dapat terus ditumbuhkembangkan sehingga tata kelola Pemerintah Kota Pontianak tetap dipertahankan dengan kategori sangat baik.

“Hal ini menunjukkan bahwa kinerja PNS atau ASN yang ada di Kota Pontianak sudah sangat prima. Saya berharap, hal ini dapat menjadi semangat bagi PNS atau ASN Kota Pontianak untuk tetap memberikan yang terbaik dengan inovasi-inovasi yang dibuat sehingga menghasilkan sistem dalam tata kelola pemerintahan yang baik,” tandasnya. (Fat)

Comment