Bupati Nasir Minta Camat Berperan Aktif Bina Desa

Minta semua pihak tidak khawatir akan tuntutan keterbukaan informasi

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir, SH menginstruksikan seluruh Camat se Kapuas Hulu, agar berperan aktif melakukan pembinaan terhadap seluruh desa diwilayahnya masing-masing.

“Lakukan pembinaan kepada desa, terutama dalam pengelolaan informasi dan keuangan desa, mengingat semakin besarnya Alokasi Dana Desa (ADD) yang diterima desa. Karena ADD menjadi pusat perhatian dari berbagai kalangan,” ujarnya.

Baca Juga :  Minyak Goreng Langka, Dewan Kapuas Hulu Desak Pemerintah Gelar Operasi Pasar

Bupati meminta agar semua pihak khususnya pihak desa tidak khawatir terhadap tuntutan akan keterbukaan informasi, karena apabila sudah bekerja dengan baik dan benar, sesuai dengan Perundang–undangan maka publik akan respek menghargai segala yang diupayakan.

“Lahirnya Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik menjadi landasan hukum terhadap hak-hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik,” tuturnya.

Baca Juga :  2024 Ini, Kapuas Hulu Dapat Kucuran Anggaran Untuk Infrastruktur Jalan Rp 89,4 M

Maka dari itu setiap badan publik berkewajiban, untuk menyediakan dan melayani permohonan informasi secara cepat, tepat waktu dan sederhana.

“Di satu sisi keterbukaan informasi publik, mendorong peluang dan partisipasi masyarakat untuk melakukan kontrol yang konstruktif sebagai ciri sebuah negara demokrasi,” tandasnya. (Haq)

Comment