Tingkat Baca Masyarakat Rendah Jadi Alasan BPKD Gelar Kalbar Book Fair 2017

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Badan Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kalimantan Barat, Ignatius IK, secara resmi membuka gelaran Kalbar Book Fair yang diselenggarakan di Rumah Radakng, Jalan Sultan Abdurrahman, Rabu (1/11) lalu.

Kalbar Book Fair 2017 merupakan pameran buku yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat yang akan diselenggarakan mulai tanggal 1-7 November.

Pembukaan acara ini dihadiri berbagai kalangan, mulai dari Ketua Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, para akademisi, hingga pelajar. Hadir pula Wakil Bupati Kapuas Hulu dan Wakil Bupati Sanggau.

Baca Juga :  BPBD Kalbar Siapkan Rehabilitasi Fisik dan Psikis bagi Korban Pasca Bencana

Dalam sambutannya, Ignatius IK mengatakan acara ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengingkatkan kualitas masyarakat Kalimantan Barat.

“Hasil survey, minat baca Kalbar masih rendah. Karena itu kita ingin meningkatkan minat baca tersebut. Kita memberi ruang pada seluruh pegiat literasi yang ada di Kalbar, baik itu penulis maupun penerbit untuk bersinergi mengajak masyarakat Kalimantan Barat berbahagia dengan buku,” tuturnya.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Pimpin Monev Penanganan Covid-19 di Hulu Gurung

Ia juga menambahkan bahwa dalam Kalbar Book Fair 2017 ada 100.000 eksamplar buku dari berbagai penerbit Kalbar, tersedia pula buku-buku murah yang dijual hanya Rp5.000.

Selain mengusung konsep Baca, Belanja, Ceria, Kalbar Book Fair ini juga menyediakan warung kopi dan foodcourt.

Dia mengungkapkan pada acara ini akan diadakan bedah buku dan konser buku, selain itu akan hadir pula enam penulis nasional yang akan berbagi pengalaman literasi. (Fai)

Comment