Mengenai Pemetaan Kompetensi ASN, Ini Penjelasan BKPSDM Sintang

Psikologi Jadi Pertimbangan

KalbarOnline, Sintang – Kepala Bidang Data dan Pengembangan Pegawai, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sintang, Agustinus mengatakan bahwa kegiatan pemetaan kompetensi bagi pejabat struktural Eselon IV bertujuan sebagai pedoman bagi pejabat pembina kepegawaian atau pejabat lain yang terkait dalam melakukan penilaian kompetensi jabatan.

Baca Juga :  Lokasi Penempatan Menjadi Penyebab Puluhan Calon GGD di Sintang Undur Diri

“Sasaran kegiatan ini untuk memberikan gambaran kepada pejabat pembina kepegawaian tentang kemampuan pejabat struktural,” ujarnya.

Mengenai kemampuan yang dimaksud berkenaan dengan analisa strategis, fleksibilitas berpikir, komunikasi lisan, komunikasi tulisan, kegigihan, pengambilan resiko, pengambilan keputusan strategis, perencanaan dan pengorganisasian, berorientasi pada pelayanan, negosiasi, membangun hubungan kerjasama strategis, memfasilitasi perubahan dan kepemimpinan strategis.

Baca Juga :  Asisten Setda Sintang Buka Pertemuan OMK se – Paroki Tuguk

“Memperhatikan pengalaman kita pada proses pemetaan kompetensi tahun 2013-2016, maka hasil pemeriksaan psikologis pada kegiatan ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan oleh tim penilai kinerja pegawai aparatur sipil negara (ASN) dalam penempatan jabatan,” pungkasnya. (Sg)

Comment