SAR Pontianak Bentuk Saka Tanjung Pura Scout Rescue

KalbarOnline, Kubu Raya – Kantor SAR Pontianak, Kecamatan Sui Raya, Kabupaten Kubu Raya, resmi membentuk Saka Tanjung Pura Scout Rescue bagi gerakan Pramuka Cabang Kota Pontianak kegiatan yang dilakukan di aula Kantor SAR Pontianak Kubu Raya yang dihadiri para pejabat SAR, Pegawai SAR, dan pengurus Kwartir Pramuka serta adik-adik Pramuka Cabang Kota Pontianak, Senin (9/10).

Acara yang dimulai dengan pelantikan pengurus serta dilanjutkan dengan Penandatanganan Surat Keputusan 01 Tahun 2017 tentang disahkannya pembentukan Gugus Depan Avognam Jagat Samagram.

Pembentukan Gugus depan Avignam Jagat Samagram ini dinilai penting dilakukan sejak dini sebab para anggota Pramuka kelak akan dibekali kemampuan untuk teknik pencarian dan pertolongan dimana nantinya akan sangat mendukung dan selaras dengan tugas dan fungsi Gerakan Pramuka itu sendiri dan tidak menutup kemungkinan juga diturunkan dalam pelaksanaan operasi SAR sesuai kualifikasi yang ada.

Baca Juga :  Gelar Open House, Hermanus: Selamat Natal dan Tahun Baru 2017

Kepala Kantor SAR Pontianak, Hery Marantika berharap dengan terbentuknya Gugus Depan Avignam Jagat Samagram ini lebih meningkatkan kemampuan bagi para anggota Pramuka.

“Kelak anggota Pramuka ini akan dilatih kemampuan dalam bidang SAR sehingga dalam pelaksanaannya dapat bermanfaat saat terjadi keadaan yang membahayakan jiwa dan dapat mengatasinya baik bagi diri sendiri maupun sebagai penolong, adik-adik nanti jika diperlukan dalam pelaksanaan operasi SAR jangan sungkan jika diperlukan oleh kakak-kakaknya di Kantor SAR Pontianak kita disini akan membimbing adik-adik untuk melaksanakan operasi SAR tentunya dengan prosedur yang berlaku,” ujar pria kelahiran Palembang ini.

Baca Juga :  Wabup Sujiwo Ajak Seluruh Elemen Jaga Keharmonisan Daerah

Sementara itu, Kepala Kwartir Cabang Kota Pontianak Mahdi menyambut baik terbentuknya Gugus depan Avignam Jagat Samagram ini.

“Kami Pengurus Gerakan Pramuka Cabang Kota Pontianak menyambut baik dengan terbentuknya Gugus depan ini diharapkan kerjasama antara Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas Pontianak) dan Kwartir Cabang Kota Pontianak dapat terus ditingkatkan dan menjadi mentor bagi adik-adik kami dalam kemampuan Pencarian dan pertolongan,” tukas Mahdi. (Ian/Hms SAR)

Comment