Cerita Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Berkelana Menuju Sunsong Dalam Kunkernya

Mulai Dari Jalan Kaki Hingga Jatuh Bangun Dari Roda Dua

KalbarOnline, Sekadau – Cuaca di langit Kota Sekadau, pada Rabu pagi (4/10) seperti tak bersahabat. Hujan turun hampir tak henti-hentinya. Padahal pagi itu ada jadwal kunjungan Bupati dan Wakil Bupati serta Kepala SKPD di Desa Sunsong, Kecamatan Sekadau Hulu.

Sebelum berangkat menuju Desa Sunsong semua kepala SKPD yang akan berangkat mendampingi Bupati dan Wakil Bupati diminta untuk berkumpul terlebih dahulu di rumah Wakil Bupati yang terletak di Jalan Rawak.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Saat Dibonceng Warga Menuju Desa Sunsong (Foto: Mus/Hms)
Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Saat Dibonceng Warga Menuju Desa Sunsong (Foto: Mus/Hms)

Adapun Kepala SKPD yang ikut hadir mendampingi Bupati dan Wakil Bupati serta Ketua GOW ke Desa Sunsong antara lain Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kominfo, kepala BKPSDM, Kepala Dinas Perkimtan, Sekretaris Dewan, Kepala Dinas Dukcapil, Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bagian Pemerintahan, Kepala Bagian Hukum, Kepala Bagian Rumah Tangga, Sekretaris Dinas Pekerjaaan Umum, pejabat yang mewakili Kepala Dinas Perindagkop, pejabat yang mewakili Bapeda, Camat Sekadau Hulu, pejabat yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Hampir semua Kepala SKPD yang ikut mendampingi Bupati dan Wakil Bupati ke Desa Sunsong ini dengan menggunakan sepeda motor. Terkecuali Bupati, Wakil Bupati, Kadis Pertanian, Kepala BKPSDM, Plt Kadis Kesehatan dan Kadis Perkimtan dan Bagian Humas Protokol yang tidak menggunakan sepeda motor. Awalnya, jika tidak hujan semua rombongan menggunakan roda dua sepeda motor.

Satu persatu Kepala SKPD yang menggunakan sepeda motor saat datang kerumah Wakil Bupati tampak basah kuyup menggunakan jas mantel.

“Masuk dulu bapak ibu, kita ngopi dulu, sambil nunggu hujan reda,” sapa Wakil Bupati Aloysius mempersilahkan rombongan yang akan pergi bertolak ke Sunsong.

Hidangan kopi dan snack juga sudah tersedia dimeja.

“Saja pas betul dingin-dingin begini minum Ngopi sambil merokok,” kata salah seorang diantara rombongan ini.

Baca Juga :  Bupati Rupinus Teken MoU Dengan Untan Pontianak

Ada juga yang bertanya, jadi atau tidak berangkat ke Sunsong, mengingat hujan masih belum reda.

Pada waktu tepat menunjukan pukul 07.00 wib dan hujan pun belum juga reda. Waktu ini dimanfaatkan oleh rombongan untuk ngopi dan ngobrol bersama. Beruntung tak berselang lama, hujan pun mulai reda, walaupun masih rintik-rintik.

Melihat cuaca sudah mulai reda, ada komando supaya rombongan bersiap-siap untuk lepas landas menuju ke sunsong.

“Bording, bording, bording,” kata salah seorang petugas protokol.

Waktu tepat menunjukan pukul 08.00 wib. Semua rombongan pun menuju kendaraannya masing-masing. Bisikan suara motor sempat membahana sebentar di halaman rumah Wakil Bupati.

Satu persatu rombongan lengkap dengan jas hujan turun dari rumah Wakil Bupati menuju Sunsong. Perjalanan dari Sekadau menuju Sunsong akan ditempuh kurang lebih 49 km. Iring-ringan kendaraan rombongan Bupati dan Wakil Bupati diawali dengan mobil Patwal Satpol PP.

Sekitar pukul 09.00 wib, rombongan Wakil Bupati tiba di Desa Nanga Biaban. Rombongan istirahat sejenak. Kendaraan roda empat yang digunakan Bupati, Wakil Bupati, Kadis Kesehatan, Pertanian dan Humas hanya bisa sampai di Nanga Biaban.

Untuk saat ini kendaraan roda empat belum bisa tembus ke Sunsong karena Sungai Menterap masih menggunakan jembatan gantung.

Mulai dari jembatan menterap inilah semua rombongan termasuk Bupati, Wakil Bupati, Ketua GOW dan rombongan yang semula menggunakan roda empat beralih menggunakan sepeda motor.

Bupati dan Wakil Bupati sebelum naik sepeda motor sempat berjalan kaki dulu. Bupati dan Wakil Bupati, juga sempat berjalan kaki mengitari jembatan gantung sungai menterap.

Bupati dan Wakil Bupati sempat juga berjalan mendaki bukit. Ngos –ngosan nafas pun tak terhindar saat berjalan mendaki bukit jembatan Nanga Menterap.

Saat itu Bupati berboncengan dengan Kades Nanga Biaban, Wakil Bupati berboncengan dengan warga Nanga Biaban, Ketua GOW berboncengan dengan salah satu staf kecamatan Sekadau Hulu.

Baca Juga :  Rupinus Ucap Syukur Prestasi Kafilah Sekadau di MTQ XXVIII Kalbar Meningkat

Wow!!! ternyata jarak tempuh Nanga Biaban ke Sunsung 12,6 km. Lumayan melelahkan naik motor selama kurang lebih 2 jam dari Nanga Biaban ke Sunsong ditambah medan jalan yang cukup terjal.

Jalannya berbukit-bikit dan lembah. Belum lagi saat itu kondisinya jalannya licin, karena baru saja diguyur hujan. Jatuh bangun kendaraan roda dua pun tak terhindar. Karena kondisinya jalannya saat itu benar-benar licin.

Penuh konsentrasi dan hat-hati, itulah yang harus jadi pegangangan para pengandara sepeda motor saat itu. Berkat pertotolongan tuhan, rombongan Bupati dan Wakil Bupati pun akhirnya tiba juga di Sunsong sekitar pukul 11.30 wib.

Bupati Sekadau, Rupinus saat tiba dan disambut masyarakat setempat berkata “kami tetap menepati janji, hari ini kami harus datang ke Sunsong untuk menemui warga kami di Sunsong walaupun hari hujan,” ujarnya.

“Banyak rombongan yang hadir, hampir semua kepala SKPD hadir. saya sengaja bawa kepala SKPD untuk menyerap masukan dan saran dari masayarakat di sunsong,” tukas Bupati.

Sementara itu Camat Sekadau Hulu Yangson menyampaikan bahwa kunjungan Bupati dan Wakil Bupati serta rombongan sangat istimewa bagi masyarakat di Sunsong.

“Kunjungan bapak di Sunsong ini sangat istimewa dan berarti bagi masyarakat di Sunsong pak,” ujar Yangson.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Kepala Desa Sunsong, Aban kepada Bupati, Wakil Bupati dan rombongan yang telah berkenan datang dan menemui masyarakat desa Sunsong meskipun hari hujan.

“Terima kasih kepada bapak Bupati, bapak Wakil Bupati, anggota DPRD Kabupaten Sekadau dan seluruh kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau yang sudah datang mengunjungi dan bertatap muka dengan masyarakat kami di Desa Sunsong, meskipun hari ini hujan, sekali lagi terima kasih pak,” tukasnya. (Mus)

Comment