2.460 Orang Siap Getarkan Pontianak Berjepin

Semarakkan Hari Jadi Kota Pontianak ke-246

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 2.460 orang siap menyemarakkan Hari Jadi (Harjad) Kota Pontianak ke-246 dengan menari jepin massal. Perhelatan akbar bertajuk ‘Pontianak Berjepin’ itu akan melibatkan pegawai instansi pemerintahan serta masyarakat.

Berbeda dengan tahun lalu, usai upacara peringatan Harjad Kota Pontianak yang jatuh pada tanggal 23 Oktober 2017, akan langsung diisi dengan acara menari Jepin bersama.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Rendrayani mengatakan, gagasan awal Pontianak Berjepin ini, setelah beberapa kebudayaan Pontianak ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda, yakni saprahan, arakan pengantin dan kain tenun corak insang.

Untuk itu, melalui Pontianak Berjepin ini sebagai salah satu upaya mengangkat budaya khas melayu.

“Diperkirakan peserta Pontianak Berjepin sebanyak 2.460 sesuai dengan hari Jadi Kota Pontianak ke-246. Sementara ini masyarakat yang sudah mendaftar sebanyak 500-an orang, pelajar 1.000, dan selebihnya akan diramaikan oleh ASN Pemkot,” ujarnya, Senin (9/10).

Baca Juga :  Kinerja APBN Kalbar Januari 2024 Tercapai Rp 832,46 Miliar dari Target

Ia menjelaskan, untuk suksesnya tarian jepin massal ini, pihaknya menggandeng sanggar untuk mengaransemen lagu dan gerakan tari. Menurutnya, gerakan jepin ini sengaja diaransemen ulang sedemikian rupa sehingga memudahkan bagi siapa saja untuk mengikutinya.

“Makanya gerakan Jepin yang dikreasikan ini tidak murni gerakan Jepin yang sebenarnya. Konsepnya sengaja kita buat sedemikian rupa sehingga mudah diikuti siapa saja,” ungkapnya.

Ririn, sapaan akrab Rendrayani, menambahkan, pihaknya menggelar latihan secara rutin demi lancarnya gawean Pontianak Berjepin nantinya. Latihan dilakukan rutin di lima lokasi berbeda.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Komitmen Tingkatkan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Untuk hari Selasa dan Kamis, latihan digelar di Halaman Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jalan A Yani, Halaman Kantor Badan Keuangan Daerah dan Halaman Dinas Perhubungan. Kemudian, Rabu dan Jumat di Halaman Gedung Terpadu Jalan Sutoyo dan Halaman Kantor Wali Kota.

Lagu berjudul ‘Kote Pontianak’ akan mengiringi Pontianak Berjepin. Diperkirakan memakan waktu sekitar 10 menit sesuai dengan durasi lagu 3,50 menit dan ditambah yel-yel sebelum dimulainya berjepin.

“Terbuka untuk umum, siapa saja silakan bergabung Pontianak Berjepin syaratnya hadir ketika upacara dengan Pakaian Telok Belanga dan kain corak insang bagi laki-laki dan baju kurung dan kain corak insang bagi perempuan. Yang penting tepat waktu dan tidak mengganggu jalannya upacara,” pungkasnya. (Fat/Jim Hms)

Comment