Categories: Kapuas Hulu

Kondisi Infrastruktur di Wilayah Perbatasan Masih Parah

Mulai Dari Jalan Hingga Jembatan

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Camat Puring Kencana, Herkulanus Albinus mengatakan bahwa hingga saat ini ruas jalan bertatus jalan nasional di wilayah perbatasan seperti, dari Nanga Badau menuju Puring Kencana, dan Empanang masih rusak berat.

“Bahkan pada ruas jalan nasional tersebut, ada empat sungai tanpa jembatan, karena sudah lama rusak dan tidak pernah diperbaiki oleh pemerintah,” ungkapnya.

Menurutnya, ruas jalan itu merupakan jalan utama bagi masyarakat untuk menghidupkan perekonomian di dua kecamatan yaitu, Kecamatan Puring Kencana dan Kecamatan Empanang. Dimana kedua kecamatan itu, adalah wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Kondisi Jembatan Sungai Pelima Dusun Kedang, Kecamatan Puring Kencana Yang Sudah Sejak Lama Mengalami Kerusakan Namun Tak Kunjung Diperbaiki Pemerintah (Foto: Ishaq)

“Ada empat sungai tanpa jembatan, dan salah satu sungai yang cukup lebar dan dalam adalah sungai Rungan. Jika air pasang, sungai tersebut tidak bisa diseberangkan, sehingga menggangu aktivitas masyarakat setempat, dan tidak jarang kenderaan yang nekat lewat harus hanyur terbawa air sungai,” jelasnya.

Atas kondisi tersebut, lanjut Camat, pihaknya sudah berulang kali mengusulkan melalui Musrenbang secara berjenjang mulai dari desa, Kecamatan hingga ke kabupaten, supaya kondisi tersebut segera diselesaikan oleh pemerintah.

“Kita sekarang hanya tinggal menunggu tindaklanjut dan realisasi pemerintah, untuk memperbaiki infrastruktur yang kondisinya masih parah di wilayah perbatasan seperti, ruas jalan nasional Badau-Puring,” tandasnya. (Ishaq)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

IKA Unhas Kalbar: Kolaborasi untuk Negeri

KalbarOnline, Pontianak - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin  (IKA Unhas) Provinsi Kalimantan Barat bakal menggelar…

54 mins ago

Bupati Fransiskus Ungkap Baru 53 Desa di Kapuas Hulu yang Sudah Deklarasi Stop ODF

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyampaikan, dari 278 desa dan 4…

17 hours ago

Tanah Longsor Landa Kabupaten Landak, Jalan Ngabang – Serimbu Sempat Terputus

KalbarOnline, Landak - Tingginya intensitas hujan di Kabupaten Landak dalam beberapa hari terakhir ini telah…

17 hours ago

PWI Kalbar Audiensi ke KONI, Perkuat Silaturahmi dan Kerja Sama Media

KalbarOnline, Pontianak - Jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Barat melakukan kunjungan kehormatan…

18 hours ago

Diterjang Angin Kencang, Motor Air Milik Nelayan Karam di Perairan Muara Teluk Batang

KalbarOnline, Kayong Utara - Sebuah motor air milik seorang nelayan karam di perairan muara Teluk…

21 hours ago

Nilai Reformasi Birokrasi dan SAKIP Pemkot Pontianak Naik

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menuturkan bahwa Indeks Reformasi Birokrasi (RB)…

21 hours ago